BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester United vs Leicester City: Duel Dua Tim Oportunis

10-05-2021 21:17 | Serafin Unus Pasi

Premier League, Manchester United vs Leicester City (c) Bola.net
Premier League, Manchester United vs Leicester City (c) Bola.net

Bola.net - Manchester United akan menghadapi Leicester City pada laga lanjutan Premier League 2020/2021 tengah pekan ini. Laga tersebut akan dihelat di Old Trafford, Rabu (12/05) dini hari WIB.

Saat ini, kedua tim tersebut sama-sama berada di papan atas klasemen sementara Premier League 2020/2021. Manchester United berada di posisi runner-up dengan koleksi 70 poin dari 34 laga. Sementara, Leicester berada di peringkat keempat, dengan capaian 63 angka dari 35 pertandingan.

Bagi kedua tim tersebut, laga tengah pekan ini bakal sangat krusil. Pasalnya, mereka memerlukan tambahan tiga poin demi mengamankan posisi di papan atas.

Setan Merah perlu tiga poin demi mengamankan posisi mereka dari kejaran Chelsea, yang siap menyalip di pengujung kompetisi. Sementara, Leicester memerlukan poin penuh untuk mengamankan posisi mereka di zona Liga Champions.

Bagaimana performa kedua tim jelang persuaan mereka? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Setan Merah Overperform

Memulai musim dengan terseok-seok, Manchester United kian menunjukkan penampilan yang mantap di Premier League 2020/2021. Bahkan, skuad besutan Ole Gunnar Solskjaer ini menjadi salah satu tim yang overperform di musim kompetisi ini.

Secara pertahanan, United memang bukan yang terbaik. Mereka hanya berada di peringkat keempat soal mencegah lawan menciptakan peluang. Laman Understat menilai, sejauh ini, United memiliki nilai expected goals against (xGA) sebesar 36,41.

Namun, performa lini belakang United sendiri terbilang cukup bagus. Salah satu indikasinya, mereka kebobolan 36 gol, yang lebih kecil ketimbang nilai xGA mereka. Selain itu, dengan jumlah kebobolan tersebut, United berada di peringkat ketiga dalam daftar tim-tim Premier League 2020/2021 yang paling sedikit kebobolan, di bawah Manchester City dan Chelsea.

Dalam aspek penyerangan pun, United bukanlah tim yang paling kerap menciptakan peluang berkualitas. Laman Understat menilai, United memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 58,27. Angka ini menempatkan United di peringkat keempat dalam daftar tim-tim Premier League dengan kualitas peluang terbaik, di bawah Manchester City, Liverpool, dan Chelsea.

Sementara, untuk urusan memanfaatkan peluang yang mereka ciptakan menjadi gol, United lebih jago lagi. Dari nilai xG 58,27, Bruno Fernandes dan kawan-kawan sudah mengemas 67 gol, yang membuat United berada di posisi kedua dalam daftar tim yang paling produktif sejauh ini.

Lebih tingginya raihan gol United ketimbang nilai xG mereka kian memengskan bahwa mereka sangat jago dalam memanfaatkan peluang yang dimiliki untuk menjadi gol.

2 dari 2 halaman

The Foxes Sama Oportunis

Untuk urusan memanfaatkan peluang yang dimiliki menjadi gol, Leicester City sama oportunisnya dengan Manchester United. Skuad besutan Brendan Rodgers ini memiliki kemampuan sama nyaris sama bagusnya dengan Setan Merah dalam aspek mencetak gol.

Dalam urusan mencetak peluang, Leicester -menurut Understat- memiliki nilai xG sebesar 55,15. Namun, sejauh ini, Jamie Vardy dan kawan-kawan sukses mencetak 63 gol. Lebih besarnya raihan gol Leicester dibanding nilai xG mereka merupakan bukti bahwa mereka sangat apik dalam memanfaatkan peluang yang ada untuk mencetak gol.

Sayangnya, apiknya performa mereka dalam aspek penyerangan tak diikuti oleh performa mereka di sisi pertahanan. Untuk urusan membiarkan lawan menciptakan peluang, Leicester hanya berada di peringkat keenam dalam daftar tim yang paling sedikit memberi lawan mencetak peluang. Laman Understat mencatat nilai xGA Leicester sebesar 42,14.

Sementara, untuk urusan kebobolan, catatan Leicester lebih buruk lagi. Mereka sudah kebobolan 43 gol sejauh ini. Hal tersebut berarti performa Kasper Schemeichel dan kawan-kawan sejauh ini masih di perlu dibenahi lagi.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR