BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester United vs Leeds United: Bielsa Unggul Sejarah, Solskjaer Menang Raihan Poin

19-12-2020 14:14 | Asad Arifin

Premier League, Manchester United vs Leeds United (c) Bola.net Premier League, Manchester United vs Leeds United (c) Bola.net

Bola.net - Laga antara Manchester United dan Leeds United, pada pekan ke-14 Premier League, Minggu (20/12) akhir pekan ini, tak hanya akan menjadi palagan antara pemain kedua tim. Pertandingan yang akan dihelat di Old Trafford ini juga akan menjadi ajang adu strategi bagi pelatih kedua tim.

Ole Gunnar Solskjaer akan memimpin skuad Manchester United. Sementara, Marcelo Bielsa bakal menakhodai armada Leeds United.

Jelang laga ini, Solskjaer berada di atas angin. Pasalnya, tim yang ia besut berada dalam posisi yang lebih baik di klasemen sementara.

Setan Merah, saat ini, berada di posisi enam klasemen sementara dengan raihan 23 poin dari 12 laga. Sementara, Leeds berada di posisi 13 dengan raihan 17 angka dari 13 pertandingan.

Bagaimana selengkapnya perbandingan data antara Solskjaer dan Bielsa? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Bielsa Menang Pengalaman

Pelatih Leeds United Marcelo Bielsa. (c) AP Photo Pelatih Leeds United Marcelo Bielsa. (c) AP Photo

Bielsa dan Solskjaer merupakan pelatih dari generasi berbeda. Bielsa lebih banyak makan asam garam di dunia kepelatihan ketimbang Solskjaer.

Pelatih asal Chili ini terjun ke dunia kepelatihan sejak tahun 1980. Waktu itu, ia menjadi asisten manajer klub asal Argentina, Newell's Old Boys. Ketika Bielsa masuk ke dunia kepelatihan, Solskjaer masih berusia tujuh tahun.

Solskjaer sendiri baru mulai meretas kariernya sebagai pelatih pada tahun 2007. Pria asal Norwegia ini memulai kariernya sebagai pelatih bagi barisan penyerang Manchester United.

2 dari 4 halaman

Catatan Bielsa Lawan United Lebih Bagus

Laga akhir pekan ini akan menjadi kali pertama bagi Bielsa dan Solskjaer berhadapan secara langsung di lapangan. Namun, Bielsa memiliki keuntungan ketimbang koleganya itu.

Bielsa sudah pernah menghadapi United sebelumnya. Sementara, bagi Solskkaer, ini akan menjadi pengalaman pertamanya pada laga kontra Leeds.

Bielsa sempat menghadapi United pada ajang Liga Champions musim 2011/2012 lalu. Dalam dua kali pertemuan pada babak 16 Besar tersebut, Bielsa -yang menangani Athletic Bilbao- sukses meraih dua kali kemenangan.

3 dari 4 halaman

Lemari Trofi Bielsa Lebih Penuh

Selain urusan pengalaman melatih, raihan trofi Bielsa pun lebih banyak ketimbang Solskjaer. Sejauh ini, pelatih berusia 65 tahun tersebut sudah memiliki paling tidak enam trofi juara di lemarinya, termasuk medali emas Olimpiade, yang ia raih bersama Timnas Argentina pada 2004 lalu.

Selain itu, dalam koleksi trofinya, Bielsa juga memiliki trofi juara Liga Argentina, yang ia raih bersama Newell's Old Boys dan Velez Sarsfield.

Sementara, sejauh ini, Solskjaer baru mengoleksi tiga trofi, dua trofi juara Liga Norwegia dan satu trofi juara Piala Norwegia.

4 dari 4 halaman

Raihan Solskjaer Lebih Bagus Ketimbang Bielsa

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Jika ada aspek di mana Solskjaer unggul, itu adalah dalam segi raihan poin per pertandingan bersama klub terahir. Dalam segi ini, Solskjaer mampu mengungguli Bielsa.

Bersama Manchester United, sebagai pelatih, Solskjaer sudah melakoni 110 pertandingan. Hasilnya, ia meraih 62 kali kemenangan dan 21 hasil imbang. Sisanya, dalam 27 laga, timnya menelan kekalahan. Rataan poin per pertandingan Solskjaer bersama United adalah 2,05.

Sementara, bersama Leeds United, Bielsa telah menjalani 114 laga. Ia mendapat 61 kali kemenangan dan 19 hasil imbang. Sisanya, dalam 34 laga, timnya menelan kekalahan. Rataan poin per pertandingan Bielsa adalah 1,77.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR