BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester United Mungkin Harus Menunggu 15 Tahun Lagi untuk Juara Premier League

30-10-2020 13:03 | Yaumil Azis

Selebrasi skuat Manchester United saat melawan RB Leipzig di matchday 2 Liga Champions 2020-21 di Old Trafford, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Selebrasi skuat Manchester United saat melawan RB Leipzig di matchday 2 Liga Champions 2020-21 di Old Trafford, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Ryan Giggs menunjukkan keraguannya melihat mantan klubnya, Manchester United, juara Premier League dalam waktu dekat ini. Baginya, klub berjuluk the Red Devils itu butuh waktu 15 tahun lagi untuk bisa kembali berjaya.

Manchester United selalu menjadi kandidat terkuat juara Premier League setiap musimnya. Namun situasinya seketika berubah ketika pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson, memilih pensiun dari dunia sepak bola.

Ditinggal pelatih yang sudah menemani selama 27 tahun jelas bukan hal mudah. Manchester United harus melalui transisi dan bukan menjadi hal yang mengejutkan kalau mereka kerap menerima hasil-hasil buruk di tiap akhir musim.

Bisa dikatakan masa transisi itu masih terus berlanjut hingga sekarang. Ole Gunnar Solskjaer sedang membimbing Marcus Rashford dkk di jalur yang tepat, namun belum ada jaminan bahwa Manchester United akan sukses dalam waktu dekat.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Menunggu Sampai 15 Tahun Lagi

Saat Manchester United terpuruk, klub-klub besar lainnya bersinar. Dalam dua musim terakhir, perebutan takhta juara Premier League hanya dikuasai oleh dua tim saja, Liverpool dan Manchester City.

Pada musim ini, Manchester City sedikit goyah dan Liverpool tengah dihantam badai cedera. Namun selama Jurgen Klopp dan Josep Guardiola masih menukangi kedua klub tersebut, Giggs ragu Manchester United bisa berjaya.

Lebih parahnya lagi, Giggs yakin bahwa MU butuh waktu satu dekade untuk menjuarai Premier League. "100 persen bisa terjadi. Mungkin 15 atau 20 tahun sampai anda tersadarkan," ucapnya di Greatest Game podcast.

"Terutama apabila Klopp dan Guardiola masih berada di sana, mereka punya sumber daya dan tentu saja pemain-pemain yang dibutuhkan," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Butuh Waktu yang Lama

Giggs menjadikan Klopp dan Liverpool sebagai bukti bahwa menjuarai Premier League dibutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Memang, Klopp butuh waktu empat tahun untuk bisa meraih gelar Premier League pertamanya bersama the Reds.

"Bahkan Klopp, butuh waktu empat setengah tahun untuk bisa memenangkannya, butuh waktu yang sangat lama," kata Giggs yang sekarang menukangi Timnas Wales.

"Saya pikir apa yang Klopp telah lakukan, dia berkembang setiap musimnya atau memenangkan trofi, menjuarai Liga Champions, anda melihat perkembangan jadi tekanannya mulai berkurang sedikit demi sedikit."

"Sementara setiap pelatih lainnya, setiap pembelian terlihat seperti 'Dia akan memenangkan liga buat kami' namun tidak begitu kenyataannya," pungkasnya.

(Liverpool Echo)

KOMENTAR