BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester United Kini Jarang Dapat Penalti, Solskjaer Salahkan Komentar Jurgen Klopp

25-09-2021 11:45 | Asad Arifin

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memberi instruksi kepada pemainnya saat bertemu Liverpool hari Minggu (20/19/2019). (c) AP Photo
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memberi instruksi kepada pemainnya saat bertemu Liverpool hari Minggu (20/19/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer belakangan sering protes kinerja wasit karena Manchester United jarang mendapat penalti. Kini, Solskjaer menyebut situasi itu terjadi karena komentar Jurgen Klopp.

Tiga laga terakhir, United mengklaim harusnya mendapat penalti. Tiga itu masing-masing terjadi ketika United kalah dari Young Boys, menang lawan West Ham, dan kalah lawan West Ham.

Pada laga terakhir, Solskjaer mengklaim penalti saat ada tarikan dari Mark Noble pada Jesse Lingard. Wasit tidak memberi penalti. Noble menyebut Lingrad melakukan diving. Tapi, bagi Solskjaer itu penalti.

1 dari 5 halaman

Gara-gara Jurgen Klopp

Solskjaer sangat yakin Manchester United layak mendapat penalti. Namun, karena sebuah komentar dari Jurgen Klopp pada musim 2020/2021 lalu, Solskjaer menduga wasit kini ragu memberikan penalti pada United.

"Kami hanya ingin mendapatkan apa yang memang pantas kami dapatkan," buka Solskjaer dikutip dari Express.

"Kami harusnya mendapat tiga penalti pada dua laga terakhir. Anda beberapa manajer yang resah kalau kami mendapat penalti musim lalu dan setelah kejadian itu kami kesulitan," katanya.

Solskjaer tak menyebut nama Klopp. Tapi, Klopp adalah orang yang protes soal penalti United. Momen itu terjadi pada pekan ke-17 Premier League musim lalu, saat Liverpool kalah 1-0 melawan Southampton.

2 dari 5 halaman

Pasrah

Wasit memegang penuh kendali permainan. Ada bantuan dari VAR dan teknologi lain tapi keputusan akhir ada pada wasit. Pada akhirnya, Solskjaer hanya bisa menerima situasi yang dialami Manchester United.

"Saya rasa ada perbedaan besar setelah momen itu [komentar Klopp]. Kita hanya bisa pasrah pada keputusan wasit dan berharap mereka segera membuat keputusan yang benar," tegas Solskjaer.

3 dari 5 halaman

Komentar Jurgen Klopp

Berikut ini adalah komentar Jurgen Klopp musim lalu:

"Saya dengar Manchester United mendapat lebih banyak penalti dalam dua tahun daripada yang saya dapat dalam lima setengah tahun. Saya tidak tahu apakah itu salah saya, atau bagaimana itu bisa terjadi," kata Klopp kepada Sky Sports.

"Ini tidak membuat kinerja kami lebih baik, tidak akan mengurangi apa pun dari Southampton, tetapi dalam situasi ini kami paling tidak beruntung," sambung Klopp.

4 dari 5 halaman

Statistik Penalti MU

Dikutip dari ESPN, Solskjaer memang besar. United mulai jarang mendapat penalti setelah komentar Klopp musim lalu. Kini, rasio penalti yang didapat United adalah 1 penalti dalam 5,2 pertandingan.

Sebelum komentar Klopp muncul, Setan Merah mendapat satu penalti dari 2,8 pertandingan.

5 dari 5 halaman

Klasemen Premier League

Sumber: Express, Sky Sports, ESPN

KOMENTAR