BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester United Bisa Bernafas Lega, Solskjaer dan Shaw Lolos dari Hukuman FA

02-03-2021 05:30 | Yaumil Azis

Duel antara Callum Hudson-Odoi (kanan) dan Mason Greenwood (kiri) yang menjadi awal mula kontroversi saat Chelsea bertemu Manchester United di Premier League. (c) AP Photo Duel antara Callum Hudson-Odoi (kanan) dan Mason Greenwood (kiri) yang menjadi awal mula kontroversi saat Chelsea bertemu Manchester United di Premier League. (c) AP Photo

Bola.net - Klaim kontroversial dikemukakan dua sosok dari Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer dan Luke Shaw. Meski begitu, mereka takkan dijatuhkan hukuman oleh FA selaku federasi tertinggi dalam sepak bola Inggris.

Semua bermula ketika Manchester United bertemu Chelsea dalam laga lanjutan Premier League akhir pekan kemarin. Sebagai informasi, pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 0-0.

Laga berakhir tanpa menyajikan gol-gol atraktif dari dua klub raksasa Inggris tersebut. Kendati demikian, duel sengit itu dihiasi oleh momen kontroversial di mana Manchester United tidak diberikan hadiah penalti oleh wasit, Stuart Atwell.

Di babak pertama, setelah Edouard Mendy menghalau tendangan bebas Marcus Rashford, Callum Hudson-Odoi dan Mason Greenwood berebut bola di kotak penalti the Blues. Saat itulah, Hudson-Odoi kedapatan melakukan handsball.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Lolos dari Hukuman FA

Atwell meninjau ulang kejadian dari tayangan VAR di sisi lapangan untuk membuat keputusan. Hasilnya di luar dugaan, karena Atwell tidak memberikan penalti kepada Manchester United meski handsball Hudson-Odoi sangat jelas.

Setelah pertandingan, Luke Shaw menyebutkan kalau Atwell mengakui kalau itu adalah penalti kepada kapten Manchester United, Harry Maguire. "H [Harry] diberi tahu kalau itu adalah penalti," ucapnya kepada Sky Sports.

Solskjaer pun mengeluh. Ia mengatakan kalau wasit yang memimpin pertandingan terpengaruh oleh banyak hal dari luar lapangan, salah satunya adalah artikel yang pernah dikeluarkan situs resmi Chelsea beberapa waktu lalu.

Klaim yang menyudutkan wasit seperti ini, biasanya, akan mengakibatkan hukuman buat penuturnya. Tapi FA meyakini kalau kedua pernyataan tersebut tidak melanggar aturan yang ada.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Tentang Handsball

Premier League juga sudah memberikan penjelasan soal mengapa Manchester United tidak diberikan penalti. dari pernyataanya, Hudson-Odoi dianggap tidak menggerakkan tangannya secara sengaja.

"VAR meminta wasit untuk melihat kembali insiden tersebut, namun dia tetap bertahan pada keputusannya di lapangan karena merasa kalau Hudson-Odoi tidak menggerakkan tangannya ke arah bola," tulis Premier League.

Kejadiannya sudah lewat, dan tidak ada yang bisa mengubah hasil akhir antara Chelsea melawan Manchester United akhir pekan kemarin. Kedua klub tersebut harus puas dengan satu poin yang didapatkan dari laga itu.

(Goal International)

KOMENTAR