BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester United Berutang Banyak kepada David de Gea

24-01-2022 17:20 | Serafin Unus Pasi

Kiper Manchester United David de Gea. (c) AP Photo
Kiper Manchester United David de Gea. (c) AP Photo

Bola.net - David de Gea menjadi salah satu kekuatan utama Manchester United pada musim ini. Penjaga gawang asal Spanyol tersebut bahkan bisa dibilang menjadi pahlawan Setan Merah sejauh ini.

De Gea menjadi salah seorang penggawa Manchester United dengan menit bermain terbanyak. Saat ini, menurut laman FBREF, kiper berusia 31 tahun tersebut, sudah bermain dalam 1.980 menit di Premier League.

Bermain dalam 22 laga kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris, gawang De Gea sudah bobol 30 kali. Ini membuat United hanya menempati urutan kesembilan dalam aspek tim yang paling sulit dibobol di Premier League.

Namun, banyaknya gol yang bersarang ke gawang Setan Merah ini tentu bukan semata kesalahan De Gea. Ada sejumlah data statistik yang menunjukkan bahwa sejatinya Setan Merah justru berutang banyak kepada eks kiper Atletico Madrid ini.

Apa saja data statistik tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Salah Satu Penyelamatan Terbanyak

Menurut laman FBREF, sejauh ini, De Gea sudah menghadapi 109 tembakan yang mengarah ke gawangnya. Dari 109 tembakan tersebut, ia memiliki persentase penyelamatan sebesar 75,2 persen atau sebanyak 82 tembakan.

Catatan penyelamatan De Gea ini bisa dikatakan salah satu yang terbanyak di Premier League. Bahkan, jumlah penyelamatannya lebih banyak dibanding jumlah penyelamatan Alisson Becker dan Ederson Moraes. Jumlah penyelamatan kiper Liverpool dan Manchester City tersebut hanya berada di angka 74.

2 dari 3 halaman

Hadapi Peluang dengan Nilai xG Tinggi

Kebobolan 30 gol tak menggambarkan kemampuan asli dari De Gea. Bahkan, jika bukan karena kiper ceking tersebut, gawang Setan Merah bisa kebobolan lebih dari 30 gol.

Menurut laman FBREF, nilai expected goals against (xGA) tembakan yang mengarah ke gawang De Gea sebesar 37,8. Artinya, dari peluang yang mengarah ke gawang United, seharusnya gawang mereka sudah bobol sebanyak 37,8. Artinya, De Gea sukses menghindarkan gawang United dari kebobolan lebih banyak.

3 dari 3 halaman

Peluang Lawan Musim Ini Lebih Berbahaya

Yang juga harus diingat, peluang lawan pada musim ini lebih berbahaya ketimbang sebelumnya. Hal ini juga yang membuat De Gea harus bekerja lebih keras dalam menghalau serbuan lawan.

Sejauh ini, rata-rata nilai xG peluang lawan yang mengarah ke gawang United sebesar 0,33. Nilai ini lebih besar dibanding musim lalu yang berkisar di angka 0,31.

Dilihat dari banyaknya penyelamatan yang harus dihadapi pun, musim ini, De Gea banyak melakukan penyelamatan dari dalam kotak penalti. Ada 48 penyelamatan dari dalam kotak penalti yang dilakukan De Gea sejauh ini. Sementara, 28 penyelamatan dilakukan untuk menghalau peluang dari kotak penalti, dan enam sisanya dari tembakan dari dalam petak enam yard.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR