BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester United 2-4 Liverpool: Setan Merah Payah

14-05-2021 13:14 | Asad Arifin

Pemain Manchester United masuk ke Old Trafford jelang duel melawan Liverpool di pekan ke-34 Premier League (c) AP Photo Pemain Manchester United masuk ke Old Trafford jelang duel melawan Liverpool di pekan ke-34 Premier League (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United harus kembali menelan kekalahan pada lanjutan Premier League 2020/2021. Setan Merah harus takluk 2-4 kala menjamu Liverpool di Old Trafford, Jumat (14/05).

Dalam pertandingan tersebut, dua gol United dicetak Bruno Fernandes dan Marcus Rashford. Sementara, empat gol Liverpool dicetak oleh Diogo Jota, Roberto Firmino (dua gol), dan Mohamed Salah.

Hasil ini tak menggoyahkan posisi United di peringkat kedua klasemen sementara Premier League 2020/2021. Mereka mengoleksi 70 poin dari 36 pertandingan.

Sementara, Liverpool saat ini berada di peringkat kelima klasemen sementara. Skuad besutan Jurgen Klopp ini mengumpulkan 60 angka dari 35 laga.

Laga ini sendiri bukan sekadar menjadi kekalahan kedua kalinya secara berturut-turut bagi United. Ada sejumlah catatan yang bisa diambil dari laga ini. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Unggul Penguasaan Bola

Paul Pogba berduel dengan Nats Phillips (c) AP Photo Paul Pogba berduel dengan Nats Phillips (c) AP Photo

Pada laga ini, sejatinya, United lebih menguasai aliran bola dibanding tim tamu. Pada laga ini, Bruno Fernandes dan kawan-kawan mencatatkan penguasaan bola sebesar 53,3 persen. Sementara, Liverpool mencatatkan penguasaan bola sebesar 46,7 persen pada laga ini.

United memanfaatkan penguasaan bola ini untuk menciptakan 18 peluang ke gawang Liverpool. Sementara, kendati inferior dalam penguasaan bola, The Reds mampu menciptakan peluang yang tak jauh beda dengan United. Pada laga ini, Thiago Alcantara dan kawan-kawan sukses mencetak 17 peluang.

2 dari 4 halaman

Lemah Manfaatkan Peluang

Unggul dalam penguasaan bola dan kuantitas menciptakan peluang, United justru kedodoran dalam memanfaatkan peluang tersebut. Pada laga ini, mereka harus mengakui keunggulan Liverpool dalam aspek kualitas peluang yang dimiliki.

Laman Understat mencatat bahwa nilai expected goals (xG) United pada laga ini 1,71. Sementara, Liverpool memiliki nilai xG sebesar 2,94.

Jika dirata-rata, tiap peluang United memiliki nilai xG sebesar 0,095. Sementara, nilai rata-rata xG peluang Liverpool sebesar 0,17, nyaris dua kali lipat nilai xG rata-rata United.

3 dari 4 halaman

Tumpul Dalam Finishing

Urusan menuntaskan peluang, United pun memprihatinkan. Dari 18 peluang yang mereka miliki, Paul Pogba dan kawan-kawan hanya mampu melepas tiga tembakan on target. Delapan tembakan mereka melenceng dari sasaran. Sementara, tujuh tembakan lainnya diblok penggawa Liverpool.

Kemampuan finishing para penggawa United ini berbanding terbalik dibanding Liverpool. Dari 17 peluang yang mereka miliki, delapan di antaranya mengarah ke sasaran. Lima tembakan Sadio Mane dan kawan-kawan melenceng dari sasaran. Sementara, empat sisanya diblok pemain belakang United.

4 dari 4 halaman

Benteng Pertahanan Kalah Kokoh

Tak hanya urusan penyerangan, soal pertahanan pun United lebih inferior ketimbang Liverpool. Salah satu indikasinya, nilai passes allowed per defensive action (PPDA) mereka, yang mengindikasikan kualitas pressing, lebih besar dari The Reds.

Pada laga ini, nilai PPDA United mencapai 12,8. Sementara, nilai PPDA Liverpool 9,86. Semakin kecil nilai PPDA, semakin bagus pula kualitas pressing sebuah tim.

Tak hanya itu, untuk urusan blok terhadap tembakan lawan pun, Liverpool unggul ketimbang United. Dalam pertandingan ini, mereka melakukan tujuh blok terhadap tembakan, empat di antaranya di kotak penalti, dan 13 blok crossing. Sementara, United hanya melakukan empat blok tembakan, dua di antaranya di kontak penalti, dan empat blok umpan silang.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR