BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester United 1-2 Sheffield United: Setan Merah Layak Kalah

28-01-2021 11:18 | Gia Yuda Pradana

Manchester United vs Sheffield United (c) AP Photo Manchester United vs Sheffield United (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United gagal merebut kembali tahta mereka di puncak klasemen Premier League 2020/2021 dari tangan Manchester City. Setan Merah harus puas berada di posisi runner-up klasemen sementara dengan raihan 40 poin dari 20 pertandingan.

Kegagalan United mengkudeta tim sekota mereka tersebut tak lepas dari hasil buruk yang didapat kala menghadapi Sheffield United. Dalam laga pekan ke-20 Premier League, yang dihelat di Old Trafford, Kamis (28/01) dini hari WIB ini, mereka harus menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Bagi sebagian pihak, kekalahan ini tergolong mengejutkan. Pasalnya, secara statistik, Setan Merah unggul mutlak dibanding Sheffield United.

Namun, pada laga ini, United gagal menunjukkan superioritasnya. Mereka tampil antiklimaks, dibandingkan ketika mengalahkan Liverpool pada tengah pekan lalu.

Dalam laga kontra Sheffield, United menunjukkan sejumlah kelemahan mereka. Apa saja kelemahan-kelemahan Setan Merah tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Gagal Menciptakan Peluang Berkualitas

(c) AP Photo (c) AP Photo

Pada pertandingan ini, Manchester United mampu melepas 16 tembakan, yang sepuluh di antaranya dilakukan di dalam kotak penalti Sheffield United. Namun, secara keseluruhan, peluang United ini kurang secara berkualitas.

Dari analisis Understat, pada laga ini, nilai expected goals (xG) United hanya 0,99. Meski bukan yang paling buruk, nilai xG ini termasuk yang paling memprihatinkan dalam perjalanan United di Premier League musim ini.

Peluang paling berkualitas United pada laga ini terjadi pada menit ke-48 melalui Mason Greenwood. Peluang ini bernilai xG 0,28.

2 dari 3 halaman

Tumpul Memanfaatkan Peluang

(c) AP Photo (c) AP Photo

Buruknya kualitas peluang yang dimiliki United pada laga kontra Sheffield diperparah dengan buruknya penyelesaian mereka. Dalam laga ini, Anthony Martial dan kawan-kawan gagal memanfaatkan peluang yang dimiliki.

Pada laga kontra Sheffield, United mampu melepas 16 tembakan. Namun, dari 16 tembakan itu, hanya seperempatnya yang mengarah ke gawang Sheffield United. Sisanya, melenceng dari sasaran atau diblok pemain bertahan The Blades.

Salah satu peluang yang tak bisa dimanfaatkan adalah umpan Bruno Fernandes ke Mason Greenwood pada menit 48. Eksekusi Greenwood, melalui sepakan kaki kanannya, melenceng dari sasaran. Padahal, secara kualitas, peluang ini merupakan yang terbaik bagi United pada laga tersebut. Nilai xG peluang ini berada di angka 0,28.

3 dari 3 halaman

Kebobolan dengan Mudah

(c) AP Photo (c) AP Photo

Pada laga ini, Sheffield United hanya memiliki nilai xG total sebesar 0,69. Toh, dengan nilai sebesar ini, mereka tetap bisa dua kali membobol gawang Manchester United.

Para penggawa United sukses membatasi pergerakan para penggawa The Blades sehingga hanya bisa melepas lima sepakan ke gawang David de Gea. Namun, tiga dari lima tembakan tersebut mengarah ke gawang dan dua di antaranya menjadi gol.

Selain efektivitas lini serang Sheffield memanfaatkan peluang, dua gol mereka tak lepas dari kurang sigapnya barisan belakang United menjaga pertahanan mereka.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR