BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester United 1-0 Crystal Palace: Setan Merah Masih Harus Berbenah

06-12-2021 12:39 | Asad Arifin

Gelandang Manchester United Fred. (c) AP Photo
Gelandang Manchester United Fred. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses meraih kemenangan pada laga pekan ke-15 Premier League 2021/2022. Pada laga yang dihelat di Old Trafford, Minggu (05/12) malam, Setan Merah menang dengan skor 1-0. Gol tunggal United dicetak Fred pada menit ke-77.

Kemenangan ini menjadi langkah awal yang sangat bagus bagi Ralf Rangnick. Bagi pelatih asal Jerman tersebut, ini merupakan laga pertamanya sebagai nakhoda Setan Merah.

Pada laga ini, United menunjukkan tanda-tanda perubahan dalam permainan mereka. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan pun mampu mendominasi pertandingan tersebut.

Namun, ini bukan berarti tugas Rangnick sudah tuntas. Ada sejumlah catatan yang menunjukkan bahwa masih ada pekerjaan rumah yang harus lekas dituntaskan Rangnick.

Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 7 halaman

Kuasai Permainan

Diogo Dalot mengejar Wilfried Zaha pada duel pekan ke-15 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo
Diogo Dalot mengejar Wilfried Zaha pada duel pekan ke-15 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Pada laga ini, Setan Merah tampil mendominasi permainan. Mereka mampu unggul dalam catatan penguasaan bola dalam pertandingan tersebut.

Laman Whoscored mencatat, United memiliki penguasaan bola sebesar 61,3 persen. Sementara, Palace tercatat hanya memiliki penguasaan bola sebesar 38,7 persen.

2 dari 7 halaman

Kuantitas Peluang Setan Merah Lebih Banyak

Marcus Rashford pada laga pekan ke-15 Premier League musim 2021/2022 (c) AP Photo
Marcus Rashford pada laga pekan ke-15 Premier League musim 2021/2022 (c) AP Photo

Tak hanya unggul soal penguasaan bola, Setan Merah juga mampu memanfaatkan penguasaan bola ini untuk menciptakan peluang-peluang ke pertahanan Palace. Bahkan, soal jumlah peluang, Setan Merah unggul mutlak ketimbang Palace.

Laman Whoscored mencatat, United sukses menciptakan 16 peluang pada pertandingan ini. Sementara, Palace hanya mampu menciptakan delapan peluang, separuh dari jumlah peluang United.

3 dari 7 halaman

Rata-Rata Kualitas Peluang United Kalah

Unggul secara kuantitas, United juga unggul secara kualitas keseluruhan peluang dibanding Palace. Nilai expected goals (xG) United pada laga ini jauh lebih besar dari United.

Menurut laman Understat, nilai xg total peluang United pada laga ini berada di level 0,86. Sementara, Palace mencatatkan nilai xG sebesar 0,53.

Sekilas, United tampak mendominasi soal peluang. Namun, jangan lupa, nilai xG tersebut merupakan nilai xG total. Sementara, jumlah peluang Palace lebih sedikit ketimbang United.

Secara rata-rata, kualitas peluang Palace justru lebih baik dari United. Secara rata-rata kualitas peluang Palace berada di angka 0,067. Sementara, rata-rata kualitas peluang United hanya berada di angka 0,05.

4 dari 7 halaman

Finishing United Perlu Dibenahi

Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo
Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Kalah soal rata-rata kualitas peluang, United juga tak bagus dalam penyelesaian akhir. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan banyak membuang peluang yang mereka miliki.

Dari 16 peluang yang mereka miliki, hanya tiga peluang United yang menyasar ke gawang Palace. Total nilai xG tiga peluang tersebut hanya 0,11. Sementara, nilai xG peluang yang melenceng mencapai 0,30.

Selain itu, aksi para penggawa United untuk mengancam gawang lawan juga terbatasi oleh apiknya performa barisan belakang Palace. Pada laga ini, ada enam peluang Setan Merah yang diblok barisan pertahanan Palace. Nilai xG enam peluang ini mencapai 0,45.

Di antara peluang-peluang yang diblok ini, ada peluang dengan nilai xG tertinggi United pada laga kontra Palace. Nilai xG peluang Bruno Fernandes pada menit ke-26 ini mencapai 0,13.

5 dari 7 halaman

Pressing United Membaik

Pelatih Manchester United Ralf Rangnick. (c) AP Photo
Pelatih Manchester United Ralf Rangnick. (c) AP Photo

Secara pertahanan, aspek yang selama ini menjadi kelemahan mereka, United membaik. Pada laga ini mereka berhasil menunjukkan pressing ketat terhadap penggawa Palace di pertahanan lawan. Hal ini tak lepas dari reputasi Rangnick sebagai pelatih yang disebut mbah-nya gegenpressing.

Pada laga ini, menurut laman Understat, United memiliki nilai PPDA (Passes Allowed Per Defensive Action) sebesar tujuh. PPDA sendiri adalah rata-rata jumlah umpan lawan sebelum ada tindakan bertahan seperti tackle atau intersep.

Nilai PPDA United ini setara dengan nilai PPDA klub-klub dengan reputasi pressing apik lain seperti Manchester City dan Liverpool.

6 dari 7 halaman

Pertahanan United Mesti Berbenah

Bek Manchester United, Harry Maguire. (c) AP Photo
Bek Manchester United, Harry Maguire. (c) AP Photo

Membaik dalam aspek pressing tak membuat pekerjaan rumah United dalam bertahan sudah tuntas. Masih ada sejumlah hal yang harus segera dibenahi jika mereka ingin mempertahankan raihan positif.

Pada pertandingan ini, tercatat hanya dua serangan palace, yang mengarah ke gawang David De Gea. Namun, satu dari dua peluang tersebut memiliki nilai xG sebesar 0,15. Nilai xG peluang Christian Benteke pada menit keenam tersebut lebih besar ketimbang nilai xG peluang terbaik United.

Selain itu, Palace juga memiliki peluang berkualitas pada menit ke-74. Namun, United beruntung, peluang dengan nilai xG 0,27 ini melenceng dari sasaran.

Yang pasti, United harus berbenah agar tak ada lagi peluang-peluang dengan nilai xG tinggi yang dicetak lawan. Setan Merah pun tak bisa sekadar mengandalkan keberuntungan agar peluang lawan melenceng dari gawang mereka.

7 dari 7 halaman

Klasemen Premier League

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR