BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester City vs Birmingham City: The Citizens Unggul Tipis

09-01-2021 09:33 | Yaumil Azis

Skuad Manchester City merayakan gol Kevin De Bruyne ke gawang Chelsea, Premier League 2020/21. (c) AP Photo Skuad Manchester City merayakan gol Kevin De Bruyne ke gawang Chelsea, Premier League 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City akan menghadapi Birmingham City pada putaran ketiga FA Cup 2020/2021. Pertandingan ini akan berlangsung di Etihad Stadium, Minggu (10/01) malam WIB.

Duel ini merupakan duel dua kasta berbeda. City saat ini berlaga di Premier League. Sementara, Birmingham berkompetisi di Divisi Championship, kasta kedua Liga Inggris.

Kendati saat ini berbeda kasta, kedua tim ini memiliki sejarah panjang pertemuan di antara mereka. Dalam catatan Worldfootball, laga akhir pekan ini akan menjadi pertemuan ke-145 mereka.

Persuaan pertama antara City dan Birmingham terjadi pada laga pekan ke-11 Championship musim 1892/1893. Dalam laga yang dihelat pada 22 Oktober 1892 ini, Ardwick FC, yang akan bersulih nama menjadi Manchester City, dan Small Heath Birmingham bermain imbang 2-2.

Bagaimana selengkapnya catatan pertemuan antara kedua tim tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Catatan City Unggul Tipis

Kendati saat ini posisi mereka bak langit dan bumi, jarak antara Manchester City dan Birmingham tak terpaut terlalu jauh.

Dari 144 pertemuan mereka sejauh ini, City menang 66 kali dan bermain imbang sebanyak 24 kali. Sementara, 54 laga dimenangi oleh Birmingham.

Bahkan, di Piala FA, catatan City kalah ketimbang rekor Birmingham. Dari sembilan pertemuan, City menang empat kali. Sementara, lima laga pertandingan sisanya dimenangi Birmingham.

2 dari 3 halaman

Sepuluh Gol Pembeda

Tak hanya rekor pertemuan mereka yang hanya terpaut tipis, selisih catatan gol Manchester City dan Birmingham City pun setali tiga uang. Catatan gol mereka hanya berbeda sepuluh gol.

Sejauh ini, City sudah mencetak 231 gol, atau rata-rata 1,60 gol dalam tiap pertandingan. Sementara, Birmingham mencetak 221 gol dalam pertemuan mereka dengan City, atau rata-rata 1,53 gol tiap laga.

Pada ajang Piala FA, produktivitas gol City kalah dari Birmingham. Dalam sembilan pertemuan mereka, City mencetak 15 gol ke gawang Birmingham. Sebaliknya, Birmingham sudah menceploskan 20 gol ke gawang City.

3 dari 3 halaman

City Dominan pada 10 Pertemuan Terakhir

Dalam sepuluh pertemuan terakhir mereka, City mampu mendominasi Birmingham. The Citizens meraih enam kemenangan dan tiga kali hasil imbang. Sementara, pada satu laga sisanya, mereka menelan kekalahan dari Birmingham.

Salah satu kemenangan City pada pertemuannya dengan Birmingham terjadi pada pertemuan terakhir mereka. Dalam pertandingan Putaran Ketiga Piala Liga 2011/2012 ini, City menang dua gol tanpa balas. Dua gol City pada laga yang dihelat Etihad Stadium, 21 September 2011 ini, dicetak Owen Hargreaves dan Mario Balotelli.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR