BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester City vs Arsenal: Melihat Kemesraan Mikel Arteta dan Josep Guardiola

15-10-2020 14:46 | Yaumil Azis

Mikel Arteta dan Pep Guardiola.  (c) AP Photo
Mikel Arteta dan Pep Guardiola. (c) AP Photo

Bola.net - Laga seru akan tersaji pada pekan ke-5 Premier League yang dilangsungkan pada akhir Sabtu (17/10/2020). Dua klub besar Inggris, Manchester City dan Arsenal, bakalan dipertemukan di Etihad Stadium.

Selain karena menyandang status 'big six', Manchester City dan Arsenal memiliki pemain berkualitas yang bisa menjadi pertunjukan menarik buat para penonton. Contohnya Pierre-Emerick Aubameyang dan Kevin de Bruyne.

Perhatian tidak akan tertuju pada pemain di atas lapangan saja. Pelatih dari kedua tim, racikan strategi pelatih dari kedua tim, Josep Guardiola dan Mikel Arteta, pun bakalan menjadi daya tarik dari pertandingan kali ini.

Perlu diketahui kalau keduanya pernah bekerja sama di kursi kepelatihan Manchester City. Sebelum menukangi Arsenal, Arteta pernah menjabat sebagai asisten Guardiola dan sukses meraih serangkaian trofi gemilang.

Saat menukangi Arsenal, barulah kelihatan gaya bermain Mikel Arteta yang ternyata hampir mirip dengan pola Josep Guardiola. Tentu, ini akan menjadi laga yang menarik untuk disimak.

Berbeda dengan pelatih-pelatih lainnya, Guardiola dan Arteta memiliki hubungan baik. Tidak jarang mereka melemparkan komentar yang bernada positif kepada satu sama lain.

Kemesraan mereka bisa menjadi hiburan menarik jelang pertandingan sengit di akhir pekan nanti. Berikut adalah sekumpulan komentar yang dilemparkan Guardiola dan Arteta kepada satu sama lain, seperti yang dihimpun Planet Football.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Guardiola kepada Arteta

"Dia sangat membantu saya," ujar Guardiola kepada the Times bulan September lalu, di mana dirinya berbicara soal Arteta yang menjadi asistennya saat itu.

"Sejak hari pertama, bukan cuma dua musim terakhir, dari hari pertama, dia punya etos kerja yang luar biasa, dan dia punya talenta spesial untuk menganalisis apa yang terjadi, dan bisa menemukan solusinya."

"Kami sering berbincang tentang apa yang ia percaya dan rasakan. Dia sangat membantu saya, terutama pada tahun pertama. Dia tahu Premier League - contohnya pertandingan melawan Stoke atau apapun itu."

Guardiola juga pernah berbicara soal Arteta yang sudah menjabat sebagai pelatih the Gunners. Perasaannya tidak berubah, masih positif seperti sebelumnya.

"Saya melihat dia dari pinggir bagaimana mereka merayakan gol, bagaimana mereka berjuang untuk setiap bola. Mereka telah memulai sesuati yang spesial bagi klub, Kami melakukan pendekatan terhadap Arsenal seperti ke yang lainnya."

"Arsenal adalah salah satu klub elit dalam sepakbola Inggris selama 20, 30 tahun terakhir. Saya cukup yakin dia orang yang tepat untuk membawa mereka kembali ke posisi semula."

2 dari 2 halaman

Arteta kepada Guardiola

"Dia mempengaruhi saya sejak masih berusia 15 tahun dan kami bertemu di Barcelona, keduanya saat masih menjadi pemain," ujarnya menjelang pertemuan perdananya dengan sang mentor pada bulan Juni lalu.

"Jika saya harus berbicara tentang dia, nilainya, caranya dia memperlakukan saya dan bagaimana dia mengurus pemain dan stafnya, sungguh fenomenal."

"Sebagai pelatih, saya belajar banyak darimya. Kami telah menghabiskan banyak momen yang luar biasa bersama, juga yang sulit. Namun pengalaman berada di dekatnya luar biasa."

"Dia menjadi sosok kunci dalam perkembangan saya sebagai pelatih," ujar Arteta pada konferensi pers pasca pertandingan usai membantu Arsenal di FA Cup bulan Agustus lalu.

"Saya berterima kasih kepada dia. Saya takkan duduk di sini hari ini tanpa dia. Saya harus berterima kasih kepada dia tiap waktu."

(Planet Football)

KOMENTAR