BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester City: Kilas Balik, Transfer, Pramusim, dan Prediksi Musim 2019-2020

09-08-2019 16:50 | Ari Prayoga

Manchester City (c) AP Photo
Manchester City (c) AP Photo

Bola.net - Klub kaya raya, Manchester City sekali lagi menjadi tim yang paling difavoritkan untuk menjuarai Premier League musim 2019-20 sekaligus meraih gelar juara tiga kali beruntun.

Sokongan dana luar biasa dari taipan Timur Tengah membuat City tak mengalami kesulitan dalam mendatangkan pemain yang diinginkan manajer Josep Guardiola untuk makin memperkuat skuatnya.

Terlepas dari kemewahan skuat yang dimiliki Guardiola, tantangan untuk meneruskan dominasi di Inggris tentu makin besar karena tim-tim lain pun tak mau kalah dalam merombak tim mereka masing-masing.

Bola.net mencoba merangkum persiapan Manchester City menjelang musim 2019/20 yang dipastikan berjalan makin seru. Mulai dari kilas balik musim lalu sampai prediksi musim ini. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Kilas Balik

Berstatus sebagai juara bertahan, Manchester City sejatinya mendapat pukulan telak pada awal musim lalu ketika gelandang serang andalan mereka, Kevin De Bruyne mendapat cedera parah dan harus absen cukup lama.

Meski demikian, Manchester City tetap tampil superior sampai pada Desember ketika Sergio Aguero cs harus mengalami tren buruk dengan menderita tiga kekalahan, masing-masing lawan Chelsea, Crystal Palace, dan Leicester City.

Pada pergantian tahun, Manchester City pun masih menduduki peringkat dua di tabel klasemen, setingkat di bawah Liverpool yang berada di puncak.

City kembali mengalami kekalahan pada akhir Januari, tepatnya ketika melawat ke markas Newcastle. Namun tim asuhan Guardiola masih tak tergusur dari peringkat dua klasemen.

Baru setelah itu, Manchester City menegaskan kedigdayaan mereka dengan menyapu bersih kemenangan dalam 14 laga terakhir dan mengambil alih puncak klasemen sejak pekan ke-29.

Meski demikian, gelar juara City baru bisa disegel di pekan pamugkas karena Liverpool setia menguntit di belakang. Kedua tim pun hanya dipisahkan satu angka, yakni 98 dan 97 poin.

Manchester City melengkapi musim luar biasa mereka dengan raihan gelar EFL Cup dan Piala FA. City pun menjadi tim pertama yang sudah menyabet treble winners di kompetisi lokal Inggris.

2 dari 4 halaman

Transfer

Gelandang Baru Manchester City, Rodri Hernandez (c) MCFC
Gelandang Baru Manchester City, Rodri Hernandez (c) MCFC

Menyandang status sebagai juara bertahan dan punya skuat mewah rupanya tak membuat Manchester City berhenti mendatangkan pemain mahal.

Bahkan, pada musim panas ini Manchester City memecahkan rekor pembelian termahal klub ketika memboyong gelandang Rodri dari Atletico Madrid dengan biaya senilai 70 juta euro.

Pemain lain yang direkrut Manchester City adalah bek kiri Angelino dari PSV Eindhoven, full-back serba bisa Joao Cancelo dari Juventus serta penjaga gawang gaek Scott Carson yang dipinjam dari Derby County di hari terakhir penutupan jendela transfer.

Sementara untuk pemain yang keluar, City tak akan lagi diperkuat sang kapten, Vincent Kompany yang habis kontrak dan memilih pulang ke Belgia dengan menerima pinangan Anderlecht.

Pemain lain yang memilih pergi adalah Fabian Delph. Gelandang serba bisa itu menyeberang ke Everton, sedangkan full-back Danilo hengkang ke Juventus.

3 dari 4 halaman

Pramusim

Hal menarik dari persiapan pramusim Manchester City kali ini adalah soal jumlah laga. Total Raheem Sterling cs hanya melakoni empat pertandingan, semuanya di Asia.

Laga pramusim pertama merupakan bagian dari turnamen Premier League Asia Trophy di Tiongkok. Manchester City sukses menghajar West Ham dengan skor telak 4-1.

Di partai final, Manchester City berjumpa dengan Wolverhampton. Setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal, City harus menyerah 2-3 dalam babak adu penalti.

City melanjutkan tur pramusim mereka dengan menyeberang ke Hong Kong. Di sana, mereka membantai tim tuan rumah, Kitchee FC dengan skor 6-1.

Laga pramusim terakhir Manchester City berlangsung di Jepang. Kali ini De Bruyne dkk sukses mengandaskan Yokohama F Marinos dengan skor 3-1.

Setelah kembali ke Inggris, Manchester City baru kembali bermain dalam ajang Community Shield. City sukses mengandaskan Liverpool lewat drama adu penalti sekaligus membuat mereka meraih trofi pertama musim ini.

4 dari 4 halaman

Prediksi

Tak bisa dipungkiri bahwa Manchester City diprediksi masih akan mendominasi Premier League musim ini. Skuat komplet ditambah manajer cerdas membuat mereka memiliki modal yang sangat kuat untuk kembali mengangkat trofi juara.

Keyakinan ini diperkuat fakta bahwa tim-tim pesaing Manchester City tak melakukan pergerakan jor-joran di jendela transfer. Bahkan, rival utama mereka musim lalu, Liverpool hanya merekrut satu pemain ke tim utama, itu pun kiper cadangan.

Bisa dibilang, musuh Manchester City musim ini hanya diri mereka sendiri. Kesuksesan menjadi juara dalam dua musim terakhir bisa jadi membuat dahaga gelar dari para pemain City mengalami penurunan.

Satu lagi masalah yang bisa menghalangi City mempertahankan gelar adalah cedera pemain. Satu korban sudah jatuh, yakni Leroy Sane yang divonis cedera ACL dan harus absen panjang.

(Bola.net/Ari R Prayoga)

KOMENTAR