Manchester City 2-3 Tottenham: Penguasaan Bola 71,5 Persen Apalah Gunanya?

Gia Yuda Pradana | 20 Februari 2022, 03:39
Pemain Manchester City, Phil Foden (c) AP Photo
Pemain Manchester City, Phil Foden (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City menjamu Tottenham pada pekan ke-26 Premier League 2021/22, Minggu 19 Februari 2022. Pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium ini berkesudahan 3-2 untuk kemenangan Tottenham.

Dejan Kulusevski membawa Tottenham unggul di menit 4. Ilkay Gundogan menyamakan kedudukan untuk City di menit 33. Harry Kane mengembalikan keunggulan Tottenham di menit 59. City kembali menyamakan kedudukan lewat penalti pemain pengganti Riyad Mahrez di menit 90+2. Namun gol kedua Harry Kane di menit 90+5 membuat City menangis.

Ada beberapa hal menarik yang bisa dibahas dari laga ini, termasuk kegagalan menang pasukan Josep Guardiola meski bermain sangat dominan. Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

71,5 Persen Penguasaan Bola, dan Kalah

Pelatih Tottenham, Antonio Conte (c) AP Photo

Pelatih Tottenham, Antonio Conte (c) AP Photo

City unggul mutlak penguasaan bola (71,5% - 28,5%). City juga unggul jauh dalam hal jumlah tembakan (21 - 6).

Namun, efektivitas serangan mereka sangat kontras, dan itu menjadi pembeda.

City mencatatkan 4 shots on target, dan mencetak dua gol. Sementara itu, tim besutan Antonio Conte punya 5 shots on target, dan menyarangkan tiga gol.

2 dari 6 halaman

Son Heung-Min Jadi Mimpi Buruk City

Pemain Tottenham, Son Heung-Min (c) AP Photo

Pemain Tottenham, Son Heung-Min (c) AP Photo

Pada pertemuan pertama di Premier League musim ini, pada pekan ke-1, City kalah 0-1 di kandang Tottenham. Gol tunggal dicetak Son Heung-Min.

Kali ini, dia tidak mencetak gol. Namun, dia merancang dua assist, yakni untuk gol pembuka oleh Kulusevski dan gol kedua Tottenham oleh Kane.

3 dari 6 halaman

Harry Kane Ganas

Pemain Tottenham, Harry Kane (c) AP Photo

Pemain Tottenham, Harry Kane (c) AP Photo

Harry Kane adalah striker yang ganas. Di laga ini, dia membuktikannya.

Tottenham, seperti kita ketahui, hanya mencatatkan total enam tembakan. Nah, dari enam tembakan itu, tiga di antaranya berasal dari Kane.

Tiga shots Kane itu pun semuanya on target, dan dua terkonversi menjadi gol. Itu tentu saja termasuk gol penentu kemenangan di injury time.

4 dari 6 halaman

Kulusevksi Fantastis

Pemain Tottenham, Dejan Kulusevski (kanan) membobol gawang Manchester City, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Pemain Tottenham, Dejan Kulusevski (kanan) membobol gawang Manchester City, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Dejan Kulusevski juga bermain fantastis di laga ini. Pemain yang baru didatangkan dari Juventus itu menyumbang satu gol dan satu assist.

Dengan sebuah nutmeg finish dari ujung kotak penalti, dia mencetak gol perdananya untuk Tottenham. Setelah itu, dari crossing-nya, Kane mencetak gol penentu kemenangan dramatis Tottenham.

5 dari 6 halaman

Terpangkas!

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

City saat ini memang masih memimpin klasemen. Namun, City (63) kini hanya unggul enam poin atas peringkat dua Liverpool (57), yang menang 3-1 atas Norwich.

Keunggulan City atas Liverpool terpangkas. Selain itu, perlu diingat pula bahwa Liverpool masih punya tabungan satu pertandingan.

Sementara itu, Tottenham berhasil memutus streak tiga kekalahan beruntun mereka di Premier League. Sebelum menekuk City, anak-anak asuh Antonio Conte sempat berturut-turut dipecundangi Chelsea 0-2, Southampton 2-3, dan Wolverhampton 0-2.

Tottenham pun kini menghidupkan kembali harapan mereka untuk menembus empat besar.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR