BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester City 1 vs 2 Leeds United: Bukan Sekadar Beruntung

11-04-2021 11:13 | Aga Deta

Ferran Torres dan Bernardo Silva mengambil bola usai membol gawang Leeds United pada laga Premier League, Sabtu (10/4/2021) malam WIB. (c) AP Photo Ferran Torres dan Bernardo Silva mengambil bola usai membol gawang Leeds United pada laga Premier League, Sabtu (10/4/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City harus menelan kekalahan pada laga lanjutan Premier League 2020/2021, kala menjamu Leeds United. Dalam laga yang dihelat di Etihad Stadium, Sabtu (10/04) ini, mereka kalah dengan skor 1-2.

Dua gol Leeds yang bersarang ke gawang City pada laga ini diborong Stuart Dallas. Sementara, satu-satunya gol balasan City diceploskan Ferran Torres.

Kekalahan ini memang belum menggeser Manchester City dari puncak klasemen sementara Premier League 2020/2021. Mereka masih berada di pucuk klasemen dengan raihan 74 poin dari 32 laga.

Namun, ada sejumlah catatan yang mengiringi kekalahan City ini. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Kalah Segalanya

Dalam pertandingan ini, Leeds harus mengakui dominasi City. Mereka kalah dalam semua aspek permainan.

Soal penguasaan bola, City mencatatkan penguasaan bola sebesar 71,1 persen. Sementara, Leeds hanya memiliki penguasaan bola sebesar 28,9 persen.

Soal jumlah tembakan yang dilepas pun, perbandingan Leeds dan City bak bumi dan langit. Leeds hanya melepas dua sepakan ke gawang City. Sementara, City melepas 29 tembakan pada laga tersebut.

2 dari 3 halaman

Kualitas Peluang Jomplang

Pada laga ini, menurut catatan Understat, City memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1,99. Sementara, nilai xG Leeds sebesar 0,18.

Namun, jika dirata-rata, rata-rata kualitas peluang yang dimiliki Leeds lebih bagus dari City. Leeds memiliki rata-rata xG sebesar 0,09. Sementara, City memiliki nilai rata-rata xG sebesar 0,07.

3 dari 3 halaman

Bukan Kebetulan

Dengan catatan seperti ini, banyak yang menilai kemenangan anak asuh Marcelo Bielsa pada laga ini lebih kepada faktor keberuntungan. Namun, hal ini bisa jadi salah jika menilik data statistik pencetak dua gol Leeds, Stuart Dallas.

Dalam pertandingan lawan City, Dallas mencetak kedua golnya dari luar kotak penalti. Data statistik Understat menunjukkan bahwa sepakan dari luar kotak penalti merupakan kelebihan dari Dallas.

Musim ini, ia mencetak tujuh gol bagi Leeds. Dari tujuh gol ini, empat di antaranya dicetak dari luar kotak penalti.

Untuk urusan memanfaatkan peluang dari luar kotak penalti pun, ia sangat jitu. Empat gol Dallas dicetaknya dari peluang bernilai xG 0,83.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR