BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester City 1-2 Chelsea: The Citizen Buang Peluang

09-05-2021 11:08 | Gia Yuda Pradana

Manchester City dikalahkan Chelsea 1-2 (c) Pool via AP Manchester City dikalahkan Chelsea 1-2 (c) Pool via AP

Bola.net - Manchester City harus rela pesta juara mereka tertunda. Tim yang berada di puncak klasemen sementara Premier League 2020/2021 ini menelan kekalahan kala menjamu Chelsea, pada laga lanjutan Premier League 2020/2021, akhir pekan ini.

Pada laga yang dihelat di Etihad Stadium, Sabtu (08/05) malam WIB, City harus menelan kekalahan 1-2. Sempat unggul melalui gol Raheem Sterling, The Citizen akhirnya harus meninggalkan lapangan dengan kepala tertunduk setelah Chelsea mampu membalas melalui gol Hakim Ziyech, dan bahkan mampu berbalik unggul melalui gol Marcos Alonso.

Kekalahan ini, memang tak menipiskan peluang mereka untuk meraih gelar juara Premier League 2020/2021 musim ini. Mereka tetap bercokol di puncak klasemen, dengan koleksi 80 angka dari 35 laga. Sementara, Chelsea sukses naik satu peringkat, menggeser Leicester City, ke peringkat ketiga klasemen sementara.

Selain raihan poin Chelsea, yang membawa mereka naik satu tingkat di klasemen, pertandingan ini juga menyajikan sejumlah catatan. Apa saja catatan-catatan yang bisa diambil dari laga City kontra Chelsea? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

City Buang Peluang

Sergio Aguero mengeksekusi penalti di laga Manchester City vs Chelsea (c) Pool via AP Sergio Aguero mengeksekusi penalti di laga Manchester City vs Chelsea (c) Pool via AP

Sekilas tak ada yang salah dengan Manchester City pada laga ini. Skuad besutan Pep Guardiola ini menguasai hampir seluruh aspek permainan.

Untuk urusan penyerangan, Manchester City sukses melepas 16 tembakan, unggul dari Chelsea yang hanya melepas 12 tembakan. Tak hanya soal kuantitas, peluang-peluang yang dimiliki City pun jauh lebih berkualitas ketimbang peluang-peluang The Blues.

Laman Understat menyebut bahwa nilai expected goals (cG) City pada laga ini mencapai 1,79. Sementara, nilai xG Chelsea hanya berada di level 0,44.

Namun, menciptakan banyak peluang berkualitas dan menuntaskan peluang adalah hal berbeda. Dan, di sinilah permasalahan City. Sergio Aguero dan kawan-kawan lemah dalam menuntaskan peluang-peluang mereka.

Laman Whoscored mencatat, dari 16 peluang yang dimiliki para penggawa City, hanya empat yang mengarah ke gawang Chelsea. Enam peluang lainnya melenceng dari sasaran dan enam peluang lagi diblok penggawa Chelsea.

Dari nilai xG, peluang-peluang City yang gagal ini termasuk besar. Laman Understat mencatat, peluang-peluang City yang melenceng dari sasaran ini memiliki xG total sebesar 0,55, lebih besar dari nilai xG total Chelsea.

2 dari 4 halaman

Chelsea Oportunis

Skuad Chelsea merayakan gol Hakim Ziyech ke gawang Manchester City, Premier League 2020/21. (c) AP Photo Skuad Chelsea merayakan gol Hakim Ziyech ke gawang Manchester City, Premier League 2020/21. (c) AP Photo

Tak seperti City, sejatinya Chelsea tak terlalu dominan dalam pertandingan ini. Unggul dalam penguasaan bola, skuad Thomas Tuchel ini hanya mampu menciptakan 12 peluang, lebih sedikit ketimbang jumlah peluang City.

Untuk urusan kualitas peluang pun, The Blues sejatinya inferior. Menurut laman Understat, nilai xG mereka hanya berkisar 0,62.

Namun, urusan memanfaatkan peluang, mereka jagonya. Para penggawa Chelsea mampu memanfaatkan kesempatan yang tak seberapa ini untuk menjadi gol. Dua gol Chelsea tercipta dari peluang-peluang yang tak terlalu bagus secara kualitas. Gol Ziyech bahkan tercipta dari peluang yang memiliki nilai xG hanya 0,07.

Kemampuan Chelsea memanfaatkan peluang ini juga ditunjang dengan kokohnya pertahanan mereka. Apiknya performa benteng pertahanan Chelsea mampu mengadang badai serangan City.

3 dari 4 halaman

Faktor Mendy

Momen penalti Sergio Aguero dihentikan Edouard Mendy, Manchester City vs Chelsea, Premier League 2020/21 (c) AP Photo Momen penalti Sergio Aguero dihentikan Edouard Mendy, Manchester City vs Chelsea, Premier League 2020/21 (c) AP Photo

Selain lini pertahanan ciamik, kredit juga harus diberikan kepada Edouard Mendy. Penjaga gawang Chelsea ini mampu mematahkan sejumlah peluang City, termasuk melalui sepakan penalti Sergio Aguero.

Laman Understat mencatat bahwa peluang-peluang City yang digagalkan Mendy memiliki nilai xG sebesar 0,8. Nilai ini nyaris dua kali lipat dari total nilai xG para penggawa Chelsea pada laga tersebut.

4 dari 4 halaman

The Citizen Wajib Berbenah

Josep Guardiola dan Thomas Tuchel di laga Manchester City vs Chelsea, Premier League 2020/21 (c) AP Photo Josep Guardiola dan Thomas Tuchel di laga Manchester City vs Chelsea, Premier League 2020/21 (c) AP Photo

Hasil ini memang tak mengubah peluang City menjuarai kompetisi Premier League musim ini. Namun, bagaimanapun, berbenah adalah wajib hukumnya bagi Phil Foden dan kawan-kawan.

Akhir Mei ini, mereka dipastikan akan kembali meghadapi Chelsea. Kedua tim ini akan kembali bersua pada partai puncak Liga Champions. Tentu City tak mau kalah untuk kali ketiga berturutan kala menghadapi Chelsea.

Jika ingin meraih kemenangan pada partai puncak Liga Champions mendatang, City wajib membenahi penyelesaian akhir mereka. Pasalnya, dari dua laga yang berujung kekalahan mereka, City gagal memanfaatkan peluang-peluang yang mereka dapatkan untuk menjadi gol.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR