BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester City 0-0 Southampton: Finishing Buruk Jegal Ambisi City

19-09-2021 12:19 | Asad Arifin

Pemain Manchester City melakukan protes kepada wasit Jonathan Moss dalam laga kontra Southampton di Premier League, Sabtu (18/9/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Pemain Manchester City melakukan protes kepada wasit Jonathan Moss dalam laga kontra Southampton di Premier League, Sabtu (18/9/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City gagal meraih kemenangan pada laga pekan kelima mereka di Premier League 2021/2022. Menjamu Southampton di Etihad Stadium, Sabtu (25/09), mereka harus puas berbagi angka 0-0.

Dengan hasil ini, City berada di peringkat kedua di klasemen sementara Premier League 2021/2022. Mereka mengoleksi 10 poin dari lima laga. Sementara, Southampton berada di posisi 15 klasemen dengan raihan empat poin dari lima laga.

Bagi City, hasil ini tergolong sangat merugikan. Selain gagal mendapat tambahan poin pada laga ini, di atas kertas, Southampton bukan lawan yang terlalu sulit ditaklukkan oleh City.

Ada sejumlah catatan statistik di balik kegagalan City mengalahkan The Saints pada laga ini. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Kuasai Pertandingan

Pada laga ini, Manchester City sukses menguasai pertandingan. Hal ini, salah satunya, tampak dari catatan penguasan bola skuad besutan Pep Guardiola tersebut.

Laman Whoscored mencatat City mendominasi penguasaan bola dengan catatan 63,9 persen. Di sisi lain, Southampton hanya mampu mencatatkan 36,1 persen penguasaan bola.

Tak hanya menguasai bola, City juga mampu memanfaatkan penguasaan bola tersebut untuk menciptakan peluang ke pertahanan Southampton. Pada laga ini, mereka mencatakan 16 peluang. Sementara, The Saints tercatat memiliki sepuluh peluang pada laga ini.

2 dari 5 halaman

Kualitas Peluang Tinggi

Manchester City vs Southampton di pekan ke-5 Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Manchester City vs Southampton di pekan ke-5 Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Tak hanya soal kuantitas, urusan kualitas peluang pun City unggul ketimbang Southampton. Setidaknya, inilah yang digambarkan oleh nilai expected goals (xG) kedua tim pada laga ini. Expected goals adalah nilai yang biasa digunakan untuk mengukur kualitas peluang.

Dalam catatan laman Understat, pada laga ini, City memiliki nilai xG sebesar 1,22. Rata-rata, peluang City memiliki nilai xG sebesar 0,076.

Di sisi lain, dari sepuluh peluang mereka, Southampton memiliki nilai xG sebesar 0,49. Artinya, rata-rata, peluang skuad Ralph Hasenhuttl, pada laga tersebut, berada di angka 0,049.

3 dari 5 halaman

Finishing Bapuk

Pemain Manchester City, Raheem Sterling (c) AP Photo
Pemain Manchester City, Raheem Sterling (c) AP Photo

Namun, segala keunggulan ini tak berarti dengan buruknya penyelesaian akhir City. Dari 16 peluang yang mereka miliki, hanya satu peluang yang mengarah ke gawang Southampton. Peluang ini dimiliki Phil Foden pada menit 89.

Sisanya, delapan peluang City melenceng dari sasaran. Salah satu di antara peluang yang melenceng tersebut adalah peluang dengan nilai xG tertinggi City pada laga ini. Peluang yang dimiliki Ilkay Gundogan pada menit 21 ini ditaksir memiliki nilai xG sebesar 0,39.

Nilai xG dari seluruh peluang City yang tak menemui sasaran ini mencapai 0,74. Bahkan lebih besar dari nilai xG seluruh peluang Southampton pada laga ini.

Sementara itu, untuk urusan peluang on target, Southampton secara kuantitas lebih baik dari City. Mereka sempat melepas dua tembakan on target. Akumulasi nilai xG peluang Mohamed Elyounoussi dan Adam Armstrong ini berada di angka 0,16.

4 dari 5 halaman

Pertahanan Kokoh

Selain bapuknya penyelesaian akhir, kokohnya pertahanan Southampton juga menjadi penyebab kesulitan para penggawa Manchester City mencetak gol pada laga ini. Laman Whoscored menunjukkan pada laga ini sempat melepas 34 tackle, yang 21 di antaranya sukses menghentikan serbuan penggawa City.

Selain itu, pemain-pemain bertahan Southampton juga kokoh dalam melakukan blok terhadap serbuan penggawa City. Mereka mencatatkan tujuh blok terhadap tembakan dan tujuh blok umpan silang.

Nilai xG dari tujuh tembakan City yang diblok penggawa Southampton tersebut mencapai 0,26.

5 dari 5 halaman

Kiper Ciamik

Kegagalan City dalam membobol gawang Southampton juga tak lepas dari apiknya penampilan kiper The Saints, Alex McCarthy. Pada laga ini, meski tak banyak bekerja, Davies sukses mematahkan peluang emas City.

Pada menit 89, McCarthy sukses menggagalkan peluang Phil Foden yang mengarah ke gawangnya. Secara statistik, peluang Foden ini memiliki nilai xG sebesar 0,22. Ini artinya, kualitas satu peluang ini lebih besar ketimbang nilai xG dua tembakan on target Southampton.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR