Mainkan Pulisic Jadi Wing-Back, Tuchel Jelaskan Alasannya

Richard Andreas | 12 Januari 2022, 05:30
Pemain Chelsea Christian Pulisic. (c) AP Photo
Pemain Chelsea Christian Pulisic. (c) AP Photo

Bola.net - Christian Pulisic ditantang menunjukkan level permainan terbaiknya dalam situasi yang mungkin kurang ideal. Pulisic beberapa kali diminta mengisi kekurangan Chelsea di lapangan, tidak bermain di posisi terbaiknya.


Winger Amerika Serikat ini pernah diturunkan sebagai striker ketika Romelu Lukaku absen. Pulisic juga pernah mengisi pos wing-back kanan karena Reece James tidak bisa bermain.

Permainan Pulisic di posisi-posisi berbeda tersebut cukup baik. Dia menunjukkan keserbabisaannya dalam membantu tim di lapangan, meski tentu tidak maksimal.

Masalahnya, situasi Pulisic ini justru membat Thomas Tuchel dikritik keras. Apa maksudnya?

1 dari 3 halaman

Demi menit bermain

Pulisic mungkin pemain serbabisa, tapi tidak bermain di posisi favorit membuatnya sulit mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Tuchel dikritik keras karena hal tersebut, bahwa kemampuan Pulisic jadi tidak bisa keluar secara maksimal.

"Ya, memang benar kami sedikit banyak mengutak-atik posisinya, tapi pada akhirnya pemain hanya ingin bermain dan selalu jadi hal bagus jika mereka bisa mengisi lebih banyak posisi," ujar Tuchel di Chelseafc.com.

"Anda selalu bisa berpendapat bahwa seharusnya dia bisa lebih konsisten atau bisa lebih baik jika mengisi satu posisi yang jelas, tapi dengan demikian mungkin dia tidak mendapatkan banyak menit bermain"

"Atau bahkan dia akan menghadapi persaingan yang lebih ketat, sebab di lini serang kami punya dua atau tiga pemain untuk setiap posisi," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Puas dengan Pulisic

Tuchel lalu menegaskan bahwa dia puas dengan performa dan sumbangsih Pulisic di posisi-posisi tersebut. Ini pertanda bagus mengenai kemampuan Pulisic, meski sekaligus jadi pertanda buruk mengenai masalah tim Chelsea.

"Yang terpenting ini adalah hal bagus, tapi kondisi ini sekaligus jadi pertanda buruk sebab berarti kami bermasalah di sektor wing-back kiri dan kanan, Pulisic membantu kami di posisi itu," lanjut Tuchel.

"Kami puas dengan dampak positif yang dia berikan. Dia bisa mendapatkan banyak menit bermain, dia memang membutuhkan menit bermain."

"Dia punya kemampuan fisik yang akan membantu kami," tandasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR