BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Main Striker atau Winger Kiri? Akhirnya Aubameyang Buka Suara

29-11-2020 15:30 | Richard Andreas

Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol kemenangan Arsenal atas Rapid Vienna, Kamis (22/10/2020) (c) UEFA Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol kemenangan Arsenal atas Rapid Vienna, Kamis (22/10/2020) (c) UEFA

Bola.net - Posisi bermain Aubameyang di Arsenal sudah lama jadi bahan kritik. Mikel Arteta diminta mengembalikan Auba ke pos striker sentral, bukan di sayap kiri. Kini, Aubameyang sendiri yang bicara menjawab gagasan tersebut.

Ya, sejatinya Aubameyang memang seorang striker, dan dia melakukan tugas mencetak gol dengan sangat baik. Aubameyang bahkan berhasil jadi top scorer Premier League dalam dua musim terakhir.

Namun, sejak musim lalu Arteta lebih banyak memainkannya di posisi kiri, yang diperlukan guna memberi ruang untuk Alexandre Lacazette. Musim lalu utak-atik kecil ini berjalan baik, keduanya bisa mencetak gol.

Masalahnya, musim ini situasi berjalan lebih sulit. Aubameyang sulit mencetak gol, Lacazette pun demikian. Wajar jika Arteta didesak mengembalikan posisi Aubameyang.

Lalu bagaimana respons Aubameyang sendiri? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Sungguh tidak keberatan

Aubameyang tahu fans Arsenal rindu melihatnya sebagai striker, tapi baginya pribadi tidak ada perbedaan signifikan. Dia hanya ingin bermain dan membantu tim, plus bermain di kiri membuatnya belajar.

"Saya bermain di mana saja, saya tidak keberatan, sungguh saya tidak keberatan," tegas Aubameyang di laman resmi Arsenal.

"Semua orang tahu di mana saya lebih senang bermain, tapi itu tidak terlalu penting, sebab saya lebih suka punya banyak opsi daripada hanya satu."

"Saya ingin membantu dan ingin belajar. Sebab Anda pasti belajar setiap hari, entah Anda masih muda atau lebih tua. Saya masih belajar dan saya merasa nyaman di mana saja," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Beda pergerakan

Aubameyang pun merasa bisa meningkatkan kualitasnya dengan bermain di kiri setahun terakhir. Dia lebih mencoba membaca permainan, lebih terlibat, dan tentu masih mencetak gol.

"Anda akan belajar, sebab pergerakan Anda berbeda setiap Anda bermain, sebagai contoh, saat bermain di sisi kiri," kata Aubameyang.

"Terkadang Anda harus bermain lebih sabar untuk mencoba terhubung dengan para gelandang. Dan mungkin itu berbeda dengan posisi striker, sebagai no.9."

"Jauh berbeda, terkadang Anda harus bermain melebar, tapi ketika anda seorang striker Anda lebih banyak bermain di tengah dan itu sangat berbeda," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Belajar banyak

Terlebih, eks striker Borussia Dortmund ini merasa tidak ada masalah mencetak gol dengan bermain di kiri. Dia justru mendapatkan ruang gerak lebih bebas, lebih bisa mengancam lawan.

"Namun, saya telah mempelajari banyak hal sejak bermain di sisi kiri. Itu memberi saya lebih banyak kesempatan, sebab banyak bek lawan yang fokus mengajar si no.9," sambung Aubameyang.

"Laca [Lacazette] dan Eddie [Nketiah] bermain apik dan terkadang mereka membka ruang untuk kami bergerak di belakang bek lawan," tutupnya.

Sumber: Arsenal

KOMENTAR