BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lubang dalam Skuad Arsenal, Apa yang Harus Dilakukan Mikel Arteta?

31-05-2020 21:30 | Richard Andreas

Mikel Arteta bersama skuad Arsenal usai kemenangan 3-2 atas Everton di Premier League 2019/20. (c) AP Photo Mikel Arteta bersama skuad Arsenal usai kemenangan 3-2 atas Everton di Premier League 2019/20. (c) AP Photo

Bola.net - Mau tak mau, Mikel Arteta mungkin harus terjun ke bursa transfer lebih dalam untuk mencari pemain-pemain yang tepat. Skuad Arsenal masih jauh dari sempurna, Arteta harus bekerja lebih keras membangun tim.

Sejauh ini Arteta sudah bekerja cukup baik. Dia bisa mengembalikan identitas permainan The Gunners dan menghentikan laju buruk beberapa bulan lalu. Namun, tetap saja Arteta belum benar-benar membentuk Arsenal sesuai keinginannya.

Saat ini dia masih bekerja dengan pemain-pemain warisan Unai Emery. Memang Arteta sudah melewati bursa transfer Januari lalu, tapi dia belum benar-benar mengembangkan skuad The Gunners.

Karena itulah situasi Arteta tidak ideal, paling tidak menurut mantan pemain Arsenal, Dennis Bergkamp. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Ada Lubang Besar

Bagi Bergkamp, Arteta sebenarnya sudah bekerja dengan sangat baik. Namun, hasilnya tetap tidak akan bisa maksimal dengan pemain-pemain sekadarnya.

Arteta butuh pemain untuk mengembalikan gaya bermain Arsenal. Tidak hanya satu pemain, mungkin dua-tiga pemain yang sesuai dengan kriteria.

"Saya sudah melihat pertandingan pertama Arteta di kandang [kalah 1-2 dari Chelsea]," buka Bergkamp kepada Daily Mail.

"Pada pertandingan itu, jelas terlihat intensinya dengan tim. Empat penyerang depan bakal mengejar bola dan menekan lawan, tapi lini tengah tetap bertahan di belakang. Itu adalah lubang yang besar."

2 dari 3 halaman

Penguasaan Bola

Di mata Bergkamp, terlihat jelas bahwa Arteta ingin mengembalikan gaya bermain Arsenal seperti di era Arsene Wenger. The Gunners identik dengan penguasaan bola dan umpan-umpan pendek.

"Dia sedang mengusahakannya, tapi mungkin dia butuh waktu dan pemain-pemain yang berbeda. Perlahan-lahan, Anda bisa melihat mereka memainkan gaya penguasaan bola," sambung Bergkamp.

"Semua pemain yang membawa bola punya tiga opsi, ada pola segitiga di lapangan. Sekarang situasinya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya."

3 dari 3 halaman

Butuh Waktu

Masalahnya, menerapkan gaya bermain baru tidak bisa instan. Arteta butuh waktu, Arsenal butuh waktu.

"Tapi ini adalah kultur yang berbeda, yang bakal butuh waktu. Anda harus melewati berjam-jam, seperti yang kami lakukan bersama Arsene [Wenger]," tandas Bergkamp.

Sumber: Daily Mail

KOMENTAR