BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Liverpool vs Manchester United: Setan Merah Unggul Sejarah, The Reds Menang Era Kiwari

15-01-2021 18:34 | Serafin Unus Pasi

Premier League, Liverpool vs Manchester United (c) Bola.net Premier League, Liverpool vs Manchester United (c) Bola.net

Bola.net - Liverpool akan menjamu Manchester United pada laga pekan ke-18 Premier League 2020/2021. Pertandingan sarat rivalitas ini akan digelar di Anfield, Minggu (17/01) malam WIB.

Laga ini bakal berlangsung sengit. Kedua tim saat ini tengah berada di papan atas klasemen sementara. United berada di peringkat pertama dengan raihan 36 poin dari 17 laga. Sementara, Liverpool berada di posisi dua klasemen dengan koleksi 33 poin.

Selain itu, sengitnya laga ini juga tak lepas dari rivalitas kedua tim ini, yang menurut The Football Fans Census, merupakan yang paling sengit di Premier League.

Bagi The Reds dan Setan Merah, pertemuan akhir pekan ini akan menjadi yang ke-205.

Menurut catatan Worldfootball, persuaan perdana kedua tim ini terjadi pada pekan kedua Championship musim 1895/1896. Dalam laga yang dihelat pada 12 Oktober 1895 ini, Liverpool sukses mengalahkan Newton Heath -yang nantinya bersulih nama menjadi Manchester United- dengan skor 7-1.

Bagaimana perbandingan rekor juga catatan pertemuan antara Liverpool dan Manchester United? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Setan Merah Lebih Unggul

Kendati bakal menjadi tuan rumah pada akhir pekan ini, Liverpool tak bisa jemawa. Pasalnya, sejarah mencatat bahwa Setan Merah unggul dalam catatan perjumpaan dengan Liverpool.

Sepanjang 204 kali pertemuan, Setan Merah sukses meraih 80 kali dan bermain imbang dalam 57 laga. Sementara, dalam 67 pertandingan sisanya, giliran Liverpool yang meraih kemenangan.

Untuk urusan mencetak gol pun United baik ketimbang Liverpool. Dari 537 yang terjadi sepanjang pertemuan mereka, United mencetak 277 gol di antaranya. Sementara, 260 gol sisanya dicetak penggawa The Reds.

2 dari 3 halaman

Trofi United Lebih banyak

Untuk urusan prestasi, United dan Liverpool merupakan dua klub dengan raihan trofi terbanyak di kancah Premier League. Namun, secara jumlah trofi, United masih unggul ketimbang klub dari kota tetangga mereka tersebut.

Sejauh ini, United sudah 20 kali memenangi Liga Inggris, 12 kali meraih trofi Piala FA, lima kali menjuarai Piala Liga dan 21 kali memenangi Community Shield. Di kancah internasional pun, United sudah sudah tiga kali mengoleksi trofi juara Liga Champion, sekali menjuarai Piala Dunia Antarklub, sekali menjuarai Liga Europa, sekali menjuarai Piala Interkontinental, sekali Piala Winners, dan sekali menjuarai UEFA Supercup.

Sementara, Liverpool sendiri sudah memenangi 6 trofi Liga Champions, 19 trofi juara Liga Inggris, tujuh trofi Piala FA, delapan trofi Piala Liga, satu trofi Piala Dunia Antarklub, tiga trofi Piala UEFA, empat trofi Piala Super UEFA, dan 15 trofi Community Shield.

3 dari 3 halaman

Liverpool Unggul 10 Persuaan Terakhir

Di sisi lain, The Reds juga memiliki keunggulan dari Manchester United. Catatan Liverpool lebih bagus ketimbang United dalam sepuluh pertemuan terakhir mereka.

Pada sepuluh persuaan terakhir ini, Liverpool sukses memenangi tiga laga dan bermain imbang dalam enam pertandingan. Sementara, United hanya bisa menang dalam satu pertandingan.

Salah satu kemenangan Liverpool dari United terjadi pada perjumpaan terakhir mereka, pada pekan ke-23 Premier League 2019/2020. Dalam laga yang dihelat di Anfield, 19 Januari 2020 ini, Liverpool menang dua gol tanpa balas, melalui gol-gol Virgil van Dijk dan Mohamed Salah.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR