BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Liverpool vs Aston Villa: 5 Alasan The Reds Sangat Diunggulkan Menang

05-07-2020 14:21 | Gia Yuda Pradana

Liverpool (c) AP Photo Liverpool (c) AP Photo

Bola.net - Sang juara baru Liverpool akan menjamu tim promosi dan peringkat 18 Aston Villa di pekan ke-33 Premier League 2019/20, Minggu (5/7/2020). Di atas kertas, The Reds sangat diunggulkan menang.

Di laga sebelumnya, yang merupakan laga pertamanya usai memastikan diri jadi juara liga, Liverpool justru hancur lebih. Main tandang melawan peringkat 2 Manchester City, pasukan Jurgen Klopp dihajar empat gol tanpa balas.

Meski baru dihantam City, Liverpool tetap difavoritkan menang atas Villa. Berikut beberapa alasannya.

1 dari 5 halaman

Liverpool Sempurna di Kandang

Dukungan suporter Liverpool di Anfield (c) AP Photo Dukungan suporter Liverpool di Anfield (c) AP Photo

Di Premier League musim ini, Liverpool masih sempurna di kandang. Liverpool memenangi 16 laga kandang yang sudah mereka mainkan (M16 S0 K0), mencetak 44 gol dan hanya kebobolan 12 gol.

Liverpool juga selalu menang dalam 23 laga kandang terakhirnya di Premier League.

Sebelum ini, terakhir kali Liverpool gagal memenangi laga kandangnya di Premier League adalah melawan Leicester City pada pekan ke-24 musim 2018/19. Waktu itu, Liverpool ditahan imbang 1-1 oleh tamunya.

2 dari 5 halaman

Aston Villa Mencemaskan di Luar Kandang

Kapten Aston Villa, Jack Grealish (c) AP Photo Kapten Aston Villa, Jack Grealish (c) AP Photo

Berbanding terbalik dengan Liverpool yang kuat di kandang, Aston Villa terbilang sangat mencemaskan saat main tandang.

Di Premier League musim ini, Aston Villa sudah memainkan 16 laga tandang, dan cuma meraih sembilan poin (M2 S3 K11). Hanya Norwich (6 poin) yang lebih buruk daripada mereka.

Perlu diingat pula, sejauh ini, Aston Villa merupakan tim yang kebobolan gol tandang paling banyak di Premier League 2019/20. Aston Villa sudah kebobolan 33 gol tandang, lebih banyak dibandingkan tim-tim lainnya.

3 dari 5 halaman

Performa Buruk Aston Villa

Di laga terakhirnya, Aston Villa kalah 0-1 menjamu Wolverhampton. Mereka menyerah oleh gol tunggal Leander Dendoncker di menit 62.

Dengan hasil itu, berarti Aston Villa tanpa kemenangan dalam delapan laga terakhirnya di Premier League; kalah enam kali (M0 S2 K6).

Aston Villa juga cuma menang satu kali dalam 11 laga terakhirnya di kompetisi ini (M1 S3 K7).

4 dari 5 halaman

Rekor Kandang Liverpool Lawan Aston Villa

Liverpool cuma menang satu kali dalam lima laga kandang terakhirnya melawan Aston Villa di Premier League (M1 S2 K2). Kemenangan itu diraih Liverpool sebelum Aston Villa terdegradasi pada musim 2015/16, dengan skor 3-2.

Namun, secara keseluruhan, Liverpool punya rekor kandang yang cukup meyakinkan lawan Aston Villa di kompetisi ini.

Dalam 24 laga kandang melawan Aston Villa di Premier League, Liverpool menang 13 kali dan kalah enam kali, sedangkan lima pertemuan lainnya berkesudahan imbang (M12 S5 K6). Dalam 24 laga kandang kontra Aston Villa itu, Liverpool juga mencetak total 47 gol dan kebobolan 28 gol.

5 dari 5 halaman

Catatan Clean Sheet Liverpool

Liverpool juara Premier League 2019/2020 (c) AP Photo Liverpool juara Premier League 2019/2020 (c) AP Photo

Dalam laga kandang terakhirnya di Premier League, Liverpool menghajar Crystal Palace 4-0 melalui gol-gol Trent Alexander-Arnold, Mohamed Salah, Fabinho, dan Sadio Mane.

Liverpool clean sheet (tak kebobolan) di laga tersebut. Dengan hasil itu, berarti Liverpool mencatatkan enam clean sheet dalam delapan laga kandang terakhirnya di kompetisi ini.

Melawan Aston Villa, yang cuma mencetak total satu gol dalam tiga laga tandang terakhirnya, Liverpool pun diyakini bakal mampu meredam serangan-serangan tamu mereka di laga nanti.

KOMENTAR