BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Liverpool Seri Lawan Arsenal, Klopp: Tak Ada Ruang untuk Berlari, Mau Lari di Tribun?

15-01-2022 02:29 | Dimas Ardi Prasetya

Duel Liverpool vs Arsenal di leg pertama semifinal EFL Cup di Anfield, Jumat (14/01/2022) dini hari WIB.  (c) AP Photo
Duel Liverpool vs Arsenal di leg pertama semifinal EFL Cup di Anfield, Jumat (14/01/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp membantah anggapan bahwa timnya bermain imbang lawan Arsenal karena kehilangan kecepatan dari Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Liverpool bermain melawan Arsenal di leg pertama semifinal EFL Cup di Anfield, Jumat (14/01/2022) dini hari WIB. The Reds tampil dominan di laga tersebut.

Namun Liverpool tak bisa mencetak gol sama sekali. Bahkan laga kemudian berakhir imbang 0-0.

Padahal Liverpool unggul pemain di laga tersebut. Sebab Arsenal harus bermain dengan 10 pemain setelah Granit Xhaka dikartu merah wasit usai melanggar Diogo Jota di babak pertama.

1 dari 3 halaman

Tak Ada Ruang untuk Berlari

Ada anggapan bahwa Liverpool gagal menang atas Arsenal karena kehilangan kecepatan yang biasanya ditampilkan oleh Sadio Mane dan Mohamed Salah. Kedua penyerang kelas dunia itu sendiri sekarang sedang memperkuat negaranya masing-masing di Piala Afrika 2021.

Namun Klopp membantah anggapan tersebut. Ia mengatakan kecepatan bukan penyebab Liverpool tak bisa mengalahkan Arsenal namun karena lawan bertahan total dan tak memberikan ruang pada penyerangnya untuk berakselerasi.

"Tadi malam kami tidak kehilangan kecepatan, itu bukan masalah kami, atau kecepatan, apa pun yang Anda inginkan. Karena mereka [bertahan] begitu dalam, di mana [kita] ingin berlari – melewati garis lapangan, di tribun? Tidak ada ruang untuk menggunakannya," tegas Klopp pada situs resmi Liverpool.

2 dari 3 halaman

Pemikiran yang Cepat

Jurgen Klopp menambahkan, kecepatan berlari tak selalu dibutuhkan di tiap laga oleh Liverpool untuk bisa meraih kemenangan. Menurutnya ada sejumlah hal lain yang juga bisa diandalkan untuk memetik tiga poin.

Di antaranya adalah momen pressing yang tepat dan memenangkan bola kembali dengan cepat. Namun selain itu ada juga kecepatan dalam berpikir dan bereaksi.

"Meskipun demikian, seperti yang saya katakan, kita harus membangun bagaimana kita memulai karena itu bagus dan kemudian Anda tidak memikirkannya. Ada begitu banyak hal yang bisa kami lakukan, banyak momen counter-pressing top, memenangkan bola kembali, pergi dari sana – itu bukan tentang kecepatan terakhir yang biasanya mereka bawa ke dalam permainan kami. Ini diperlukan dalam situasi yang berbeda," tuturnya.

"Kami harus bermain melawan formasi yang dalam, di antara lini, semua hal semacam ini. Ada pemikiran cepat – jauh lebih penting daripada lari cepat. Ya, Mo, Sadio dan Naby, mereka bisa berpikir cepat juga tapi mereka tidak ada di sini, jadi yang lain juga bisa melakukannya," tandas Klopp.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

(liverpoolfc.com)

KOMENTAR