BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Liverpool Punya Klausul Anti-Barcelona di Transfer Philippe Coutinho, Apa Dampaknya?

26-11-2020 14:40 | Asad Arifin

Philippe Coutinho. (c) AP Photo Philippe Coutinho. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool disebut punya klausul anti Barcelona pada transfer Philippe Coutinho. Klausul itu bakal mempersulit kepindahan pemain dari Liverpool menuju Barcelona di masa depan.

Philippe Coutinho bergabung dengan Barcelona pada Januari 2018 lalu. Klub asal Catalan harus membayar lebih dari 120 juta ero [termasuk bonus] untuk bisa mendapatkan servis pemain asal Brasil.

Barcelona sebenarnya bisa membeli Coutinho pada Juli 2017. Akan tetapi, saat itu Liverpool tak ingin melepasnya. Pada akhirnya, Coutinho memilih untuk pindah ke Barcelona dan memaksa Liverpool melepasnya.

Saat masih di Liverpool, Coutinho adalah pemain penting. Eks bintang Inter Milan itu menjadi andalan di lini depan, baik pada era Brendan Rodgers maupun saat Liverpool sudah ditangani Jurgen Klopp.

1 dari 2 halaman

Apa Itu Klausul Anti Barcelona?

Seperti dilaporkan The Times, Liverpool yang tidak kuasa untuk melepas Coutinho ke Barcelona memberi syarat klausul khusus di kesepakatan transfer. Liverpool membuat klausul anti Barcelona pada transfer Coutinho.

Klausul itu mengatur bahwa pihak Barcelona tidak boleh membeli Liverpool lagi, setelah Coutinho. Jika Barcelona ngotot ingin membeli pemain Liverpool, maka ada aturan khusus yang harus ditempuh.

Barcelona harus membayar dana ekstra senilai 100 juta euro kepada Liverpool. Dana tersebut di luar biaya transfer pemain yang sudah disepakati.

Liverpool punya dasar yang kuat mengapa harus memasukkan klausul anti-Barcelona pada transfer Coutinho. Pasalnya, sebelum melihat Coutinho pindah, The Reds juga kehilangan Luis Suarez yang dibajak Barcelona.

Luis Suarez yang menjadi mesin gol Liverpool pindah ke Camp Nou pada 2014 lalu.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Nasib Georginio Wijnaldum dan Sadio Mane?

Saat ini, ada dua pemain Liverpool yang disebut masuk dalam bidikan Barcelona. Kedua pemain itu adalah gelandang Georginio Wijnaldum, dan bomber Sadio Mane.

Wijnaldum sudah masuk dalam target transfer Liverpool awal musim 2020/2021 lalu. Wijnaldum menjadi pemain yang kabarnya dipesan langsung pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman.

Sedangkan, Sadio Mane sejak lama menjadi bidikan Barcelona. Mane diyakini bisa menjadi tumpuan di lini depan Barcelona bersama Lionel Messi.

Sejauh ini, belum ada kejelasan ihwal transfer Wijnaldum dan Mane ke Barcelona. Belum diketahui apakah itu terkait kabar klausul anti-Barcelona di transfer Coutinho. Akan tetapi, setelah Coutinho, belum ada pemain Liverpool yang pindah ke Barcelona.

Sumber: The Times

KOMENTAR