BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Liverpool Juara EPL, Klopp: Saya tak Berpikir untuk Memenangkannya Lagi

01-07-2020 22:23 | Dimas Ardi Prasetya

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengungkapkan ia tak berpikir untuk memenangi trofi Premier League lagi musim depan, meski itu bukan berarti The Reds tak ingin jadi juara lagi.

Liverpool harus menunggu sangat lama untuk bisa menjadi juara liga. Mereka terakhir kali jadi juara pada tahun 1990 silam.

Namun pada akhirnya Liverpool bisa juara pada musim 2019-20 ini. Semua berkat tangan dingin Klopp.

Manajer asal Jerman itu sendiri membangun Liverpool dengan penuh kesabaran dan perhitungan. Alhasil dalam waktu kurang dari lima tahun, ia bisa membawa The Reds juara liga.

Liverpool jadi juara dengan mendominasi liga. Jordan Henderson dkk pun disebut akan bisa terus mendominasi sepak bola Inggris dalam beberapa musim ke depan.

1 dari 2 halaman

Tak Seperti di Jerman

Liverpool kini juga diharap untuk bisa mempertahankan gelar juara Premier League-nya. Akan tetapi hal tersebut malah dipandang sebagai hal yang aneh oleh Jurgen Klopp.

"Saya telah mendengar orang-orang mengatakan [sebuah tim adalah pemenang sejati] hanya jika kami menang dua kali berturut-turut, tetapi itu benar-benar lucu. Itu jelas hal yang Inggris banget," katanya pada Sky Sports.

"Ketika kami (mantan klubnya yakni Borussia Dortmund) menjadi juara pada tahun 2011, tidak ada yang memberi tahu kami bahwa kami harus menjadi juara lagi," sambung Klopp.

2 dari 2 halaman

Alasan Tak Pikirkan Jadi Juara Lagi

Jurgen Klopp mengatakan dirinya enggan memikirkan untuk mempertahankan gelar juara Premier League yang diraih Liverpool. Alasannya adalah ada jalan panjang yang masih harus dilalui dirinya dan anak-anak asuhnya.

"Orang-orang mungkin berharap dari kami untuk memenangkan liga lagi. Itu mungkin saja, saya tidak tahu, tetapi ketika saya memikirkan tahun depan, saya tidak berpikir tentang memenangkannya lagi," serunya.

"Itu tidak berarti kita tidak menginginkannya. Hanya saja ada banyak langkah untuk dilakukan sekarang dan nanti," terang Klopp.

(Sky Sports)

KOMENTAR