BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Liverpool Disarankan Mulai Rancang Rencana Pasca Era Jurgen Klopp

31-12-2019 23:00 | Yaumil Azis

Jurgen Klopp saat mendampingi Liverpool di laga lawan Flamengo di final Piala Dunia Antarklub 2019. (c) AP Photo Jurgen Klopp saat mendampingi Liverpool di laga lawan Flamengo di final Piala Dunia Antarklub 2019. (c) AP Photo

Bola.net - Cepat atau lambat, Liverpool akan ditinggalkan oleh Jurgen Klopp suatu hari nanti. Oleh karenanya, Stan Collymore selaku eks the Reds meminta bekas klubnya itu segera merancang masa depan tanpa pelatih asal Jerman tersebut.

Tak bisa dimungkiri kalau jasa Klopp untuk Liverpool sangatlah besar. Berkat dirinya, mereka mampu mencapai babak final di ajang bergengsi Eropa, Liga Champions, sebanyak dua kali. Salah satu di antaranya berhasil mereka menangkan.

Momen terbaik Liverpool terjadi pada musim kemarin. Selain berhasil memenangkan Liga Champions, mereka juga sukses keluar sebagai runner-up Premier League dengan capaian 97 poin hingga pekan terakhir.

Melihat prestasi tersebut, bukan tidak mungkin kalau Klopp diincar oleh klub lain di masa mendatang. Tidak peduli apakah dirinya telah menandatangani kontrak anyar dengan klub baru-baru ini.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Merancang Masa Depan tanpa Klopp

Ya, Klopp baru saja menandatangani kontrak anyar dengan Liverpool. Kontrak tersebut mengikatnya di Anfield hingga tahun 2024 mendatang.

Klopp membawa kesuksesan bagi Liverpool. Dan berkaca dari kasus Manchester United serta Arsenal yang luluh lantak usai ditinggal pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger, tindakan antisipasi tentu harus dilakukan sejak dini.

"Saya harap pemilik Liverpool, FSG, melihat United dan Arsenal dan tahu bahwa sekarang adlaah waktunya untuk memastikan bahwa saat Klopp pergi, klub akan terus merasakan kesuksesan yang sama seperti sekarang," ujar Collymore kepada the Mirror.

"Karena satu-satunya klub yang saya tahu secara pasti telah melakukan itu sekarang adalah Manchester City," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Berkaca dari Manchester City

Sama seperti Klopp, Manchester City juga merasakan masa-masa kejayaan di era kepelatihan Josep Guardiola. Mereka berhasil keluar sebagai pemenang Premier League dua musim terakhir.

Guardiola pun diyakini akan meninggalkan Etihad Stadium suatu hari nanti, seperti yang ia lakukan saat di Barcelona dan Bayern Munchen. Menurut Collymore, Manchester City sudah punya persiapan untuk melepas pria asal Spanyol tersebut.

"Jika mereka menyingkirkan Guardiola sekarang dan membawa penggantinya dengan filosofi yang serupa, kami tahu yang ada di posisi penguasa Etihad akan memastikan bahwa mereka punya mekanisme yang kuat untuk terus berjalan dalam cara yang tak dilakukan United dan Arsenal," tambahnya.

"Sepak bola hampir sama dengan industri hebat lainnya yang, jika anda mencapai puncak anda harus bekerja lebih keras demi bertahan di sana karena, jika tidak, anda tidak akan bertahan di sana," tutupnya.

(Goal International)

KOMENTAR