Liverpool 3-1 Man City: Trent, Salah, Nunez Ukir Statistik Apik, Bagaimana dengan Haaland?

Gia Yuda Pradana | 31 Juli 2022, 05:58
Bek sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold (c) AP Photo
Bek sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool mengalahkan Manchester City dalam laga Community Shield di King Power Stadium, Sabtu 30 Juli. Liverpool menang 3-1.

Liverpool membuka keunggulan lewat gol Trent Alexander-Arnold di menit 21. Manchester City bisa membalas lewat gol pemain baru dan pemain pengganti Julian Alvarez di menit 70. Liverpool kembali memimpin lewat penalti Mohamed Salah menit 83, kemudian menegaskan kemenangan melalui gol Darwin Nunez di menit 90+4.

Dalam debut resminya ini, Nunez mencetak satu gol untuk Liverpool. Dia juga menandainya debut manisnya ini dengan gelar juara Community Shield.

Para pencetak gol The Reds mencatatkan statistik apik. Namun, tidak demikian halnya dengan Erling Haaland dari kubu Manchester City. Striker baru The Citizens itu gagal memberi kontribusi terbaik dalam laga ini.

1 dari 6 halaman

77 Persen Gol Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold membuka keunggulan Liverpool dengan sebuah tendangan dari luar kotak penalti Manchester City. Bek kanan 23 tahun Inggris itu mengeksekusinya usai menerima operan dari Mohamed Salah.

Trent Alexander-Arnold sudah mencetak 13 gol dalam 227 penampilan untuk Liverpool di semua kompetisi. Dari 13 gol itu, 10 gol (77 persen) dia ciptakan dari luar kotak penalti.

Sejak debutnya untuk Liverpool pada Oktober 2016, dia hanya kalah dari Mohamed Salah (11 gol dari luar kotak penalti) untuk urusan yang satu ini.

2 dari 6 halaman

Argentina Ketiga

Julian Alvarez melakoni debut kompetitifnya untuk Manchester City ketika masuk di menit 58. Forward/winger 22 tahun Argentina itu kemudian mencetak gol penyama kedudukan di menit 70.

Julian Alvarez kini tercatat sebagai pemain Argentina ketiga yang pernah mencetak gol di Community Shield. Dua pemain sebelumnya adalah Sergio Agüero (2x) dan Carlos Tevez.

Mereka semua melakukannya dengan seragam Manchester City.

3 dari 6 halaman

Lawan Favorit Mohamed Salah

Mohamed Salah menyumbang satu gol dan satu assist dalam laga ini. Dengan begitu, berarti dia sudah berkontribusi terhadap terciptanya 13 gol Liverpool melawan Manchester City.

Kontribusinya itu berupa delapan gol dan lima assist. Ini adalah catatan terbaiknya melawan satu tim tertentu selama memperkuat Liverpool.

Delapan gol Mohamed Salah sejak 2017/18 juga tercatat sebagai gol terbanyak oleh seorang pemain melawan Manchester City selama periode tersebut.

4 dari 6 halaman

Nunez dan Debutan-debutan Spesial di Era Jurgen Klopp

Darwin Nunez menjadi pemain keempat yang mencetak gol dalam debutnya untuk Liverpool di era kepelatihan Jurgen Klopp. Tiga debutan lain sebelum striker 23 tahun Uruguay itu adalah Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Virgil van Dijk.

5 dari 6 halaman

Koleksi Trofi Jurgen Klopp

Sejak menangani Liverpool pada 2015, Jurgen Klopp telah membawa The Reds meraih sederet trofi juara. Dia sudah mempersembahkan trofi Premier League, Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Sekarang, koleksinya semakin lengkap dengan trofi Community Shield.

6 dari 6 halaman

3 Tembakan Erling Haaland

Striker Manchester City, Erling Haaland (c) AP Photo

Striker Manchester City, Erling Haaland (c) AP Photo

Erling Haaland bermain penuh dalam debut resminya untuk Manchester City ini. Namun, striker 22 tahun Norwegia yang baru bergabung dari Borussia Dortmund itu gagal memberi kontribusi positif.

Dari statistik Squawka, Haaland hanya mencatatkan delapan sentuhan di babak pertama, paling sedikit dibandingkan pemain-pemain lainnya.

Sepanjang laga, berdasarkan statistik WhoScored, Haaland bahkan cuma melepaskan total tiga tembakan. Dari tiga tembakan itu, satu mengarah ke mulut gawang, satu kena tiang, dan satu meleset dari sasaran.

Ketiganya tak ada yang terkonversi menjadi gol untuk timnya. Ini jelas bukan debut yang dia harapkan.

Sumber: Opta, Squawka, WhoScored

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR