BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lima Pelajaran dari Persiapan Tim-Tim EPL Jelang Dimulainya Lagi Premier League

16-06-2020 16:30 | Dimas Ardi Prasetya

Premier League. (c) EPL Premier League. (c) EPL

Bola.net - Ada beberapa hal yang bisa dipetik dari masa persiapan tim-tim yang akan berlaga pekan kemarin sebelum kompetisi Premier League diputar kembali.

Kompetisi Premier League rencananya akan digelar lagi mulai 17 Juni. Tim-tim di liga tersebut mulai memanasi mesinnya.

Sepekan sebelum liga digelar lagi, tim-tim seperti Chelsea, Newcastle, Everton dan West Ham mempersiapkan diri dengan menggelar laga uji coba. Dari situ ada beberapa poin yang bisa disimak.

Mulai dari banyaknya jumlah gol, kembalinya para pemain bintang, pencegahan virus corona, hingga adanya gerakan untuk melawan aksi rasisme.

Berikut lima hal yang bisa dipetik dari persiapan tim-tim pekan kemarin jelang dimulainya kembali kompetisi Premier League.

1 dari 5 halaman

Kemenangan Chelsea dan Comeback Kante Plus Loftus-Cheek

Chelsea menggelar laga uji coba melawan QPR. Di laga itu pasukan Frank Lampard berhasil memang dengan skor telak 7-1.

Chelsea mendapat tambahan amunisi berharga di laga itu dengan kembalinya Ruben Loftus-Cheek. Ia sebelumnya absen lama karena cedera achilles dan di laga ini ia mencetak brace.

Gelandang belia Billy Gilmour juga ikut menceta brace, sementara Mason Mount juga masuk dalam daftar pencetak gol. Willian juga menyumbangkan satu gol, sama seperti Olivier Giroud.

Mungkin berita yang lebih besar untuk Frank Lampard adalah kembalinya N'Golo Kante, yang menjadi starter di pertandingan itu. Sekarang ia diharapkan untuk tampil dalam pertandingan mereka dengan Aston Villa minggu ini.

Kante sebelumnya tak ikut latihan karena kekhawatiran terkait dengan virus corona. Sekarang jika ia tak berubah pikiran, ia bisa membantu Chelsea mengamankan tiket empat besar.

2 dari 5 halaman

Kembalinya Deeney Bersama Watford

Ada cerita di skuat Watford yang mirip dengan cerita N'Golo Kante di Chelsea. Kapten klub tersebut yakni Troy Deeney enggan kembali berlatih karena khawatir terpapar virus corona.

Akan tetapi sekarang ia sudah berlatih lagi. Ia pun siap membantu timnya keluar dari zona degradasi.

Deeney pun ikut bermain kala timnya beruji coba lawan Brentford. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua dan membantu timnya menang 2-0.

Etienne Capoue mencetak gol untuk memberi Watford keunggulan. Setelah itu giliran Ismaila Sarr yang menambahkan satu gol lagi jelang injury time berakhir.

Itu adalah hasil yang menjanjikan bagi Watford, terutama ketika Anda melihat Brentford sempat mencetak tiga gol dan menang atas Arsenal di pertengahan pekan.

3 dari 5 halaman

Newcastle Tumbangkan Hull City

Steve Bruce menyaksikan timnya menindaklanjuti kemenangan atas Middlesbrough dengan kemenangan lain atas Hull City, tim yang bermain di divisi Championship. Mereka berhasil menang dengan skor 2-0.

Gol pertama Newcastle dicetak oleh Florian Lejeune. Gol kedua disumbangkan oleh Allan Saint-Maximin.

Di sisi lain, semua pembicaraan terus berputar di sekitar kejadian di luar lapangan di Newcastle. Hal itu tentu tak lepas dari rencana adanya takeover klub yang terus tersendat.

Premier League belum membuat keputusan apakah Dana Investasi dari Arab Saudi akan diberi kunci ke St James' Park.

4 dari 5 halaman

Everton Bersiap Tunda Pesta Juara Liverpool

Carlo Ancelotti menghadapi tugas yang menakutkan hanya di musim pertamanya sebagai bos Everton. Sebab ada prospek rival sekota tim asuhannya yakni Liverpool bisa memenangkan gelar juara liga di Goodison Park.

Skenario seperti itu tidak terpikirkan dan sangat tidak diinginkan oleh para pendukung klub. Para pemain jelas tidak menganggap remeh duel derby Merseyside edisi ke-236 ini.

Everton sendiri tak menggelar laga uji coba lawan tim lain. Namun mereka mengadakan pertandingan latihan internal 11v11 pada hari Sabtu sore.

Ancelotti memiliki lebih banyak waktu untuk memberi makan idenya kepada para pemainnya selama istirahat, dan mengenakan pakaian pelindung lengkap termasuk sarung tangan. Manajer asal Italia itu juga menggelar latihan tanding itu agar anak-anak asuhnya bisa beradaptasi dengan stadion yang kosong.

Andre Gomes dan Fabian Delph absen dalam latihan tersebut. Namun Dominic Calvert-Lewin tampak dalam kondisi yang tajam menjelang Project Restart, dan Ancelotti akan berharap striker utamanya itu dapat membuat gol penting kala bersua Liverpool.

5 dari 5 halaman

West Ham dan Palace Ikut Kampanye Black Lives Matter

Dunia dalam beberapa pekan belakangan ini fokus pada gerakan anti rasisme dengan slogan Black Lives Matter. Hal tersebut tak lepas dari nasib tragis yang dialami seorang warga kulit hitam asal Amerika Serikat bernama George Floyd yang tewas akibat tindakan brutal polisi kulit putih.

Klub-klub Premier League pun menunjukkan aksi solidaritasnya untuk melawan aksi rasisme, yang juga masih sering terjadi di Inggris. Beberapa klub seperti Liverpool, Chelsea, dan Arsenal menggelar aksi berlutut dengan satu kaki.

Kini aksi itu juga diikuti oleh West Ham dan Crystal Palace. Kedua tim bertemu pada hari Sabtu di Stadion West Ham London untuk pertandingan uji coba, yang terdiri dari tiga babak dengan masing-masing berjalan selama 30 menit.

Setiap pemain mengenakan t-shirt khusus saat pemanasan. T-shirt itu tertera tulisan 'We Stand Together' di bagian depan.

Sementara itu para pemain di Premier League bakal memakai jersey khusus juga. Akan ada tulisan Black Lives Matter di bagian belakang jersey mereka untuk 12 pertandingan pertama.

(mirror)

KOMENTAR