BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lima Pelajaran dari Duel Liverpool vs Aston Villa, Perlunya Kreativitas dan Striker Baru

06-07-2020 03:34 | Dimas Ardi Prasetya

Duel Liverpool vs Aston Villa. (c) Pool Reuters via AP Photo Duel Liverpool vs Aston Villa. (c) Pool Reuters via AP Photo

Bola.net - Duel antara Liverpool vs Aston Villa di Anfield, Minggu (05/07/2020) memunculkan sejumlah pelajaran, khususnya untuk sang tim tuan rumah.

Liverpool sebelumnya dihajar oleh Manchester City dengan skor telak 4-0. Pasukan Jurgen Klopp saat itu tampil ambyar.

Ternyata performa mereka tak terlalu membaik di laga lawan Villa ini. Mereka memang dominan dalam penguasaan bola akan tetapi tak mampu menghadirkan ancaman berarti pada sang tamu, khususnya pada babak pertama.

Hal tersebut tampaknya tak lepas dari rotasi yang dilakukan Jurgen Klopp. Ia mencadangkan Jordan Henderson, Roberto Firmino, dan Georginio Wijnaldum. Sebagai gantinya ia memainkan Alex Oxlade-Chamberlain, Divock Origi, dan Naby Keita.

Di babak kedua performa Liverpool sedikit membaik. Pada akhirnya Liverpool bisa mencetak gol melalui Sadio Mane dan Curtis Jones.

Liverpool pun menang 2-0. Namun performa mereka jelas tidak memuaskan.

Jadi apa saja lima hal yang bisa dipetik dari pertandingan Liverpool vs Aston Villa ini? Simak informasinya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Mane Memang Top

Musim ini banyak pujian dialamatkan pada Jordan Henderson. Ia dianggap layak memenangi penghargaan Players’ Player of the year di Premier League.

Namun untuk urusan pemain terbaik, suporter Liverpool juga pasti akan terpecah untuk memilih Sadio Mane. Pemain asal Senegal ini memang tak menonjol di media, namun performanya di sepanjang musim patut diacungi jempol.

Mane pun jadi pemain yang krusial di laga ini. Sebab ia yang mencetak gol pertama Liverpool. Itu adalah golnya yang ke-20 pada musim ini di semua ajang kompetisi.

Di babak pertama, Mane pun aktif berusaha mencari celah pertahanan lawan. Ia tak cuma beroperasi di sayap kiri namun juga kerap di tengah, mengingat Divock Origi tampil kurang greget di laga ini.

2 dari 5 halaman

Jack Grealish

Sebelumnya Jack Grealish sempat mendapatkan kritikan dari Graeme Souness. Hal ini berkaitan dengan status gelandang Aston Villa itu yang sering dilanggar pemain lawan.

Namun Souness mengatakan hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang negatif. Sebab Grealish kerap dilanggar karena ia terlalu lama menguasai bola.

Seiring dengan berjalannya waktu di laga ini, ucapan Souness memang terbukti benar. Selain itu transisinya dari menyerang ke bertahan dan waktu yang ia habiskan untuk berguling-guling di atas lapangan sangat tidak dibutuhkan oleh Villa.

Hal ini tentu menjadi perhatian besar bagi klub-klub yang ingin merekrutnya. Salah satunya adalah Manchester United.

3 dari 5 halaman

Striker Baru

Divock Origi tampil sebagai starter di pertandingan ini. Ia menggantikan Roberto Firmino.

Ia tampil beda di laga ini. Bukan performanya tapi rambutnya yang dicat putih.

Sayangnya penampilan anyarnya itu tidak membantunya tampil apik di atas lapangan. Ia tak berkontribusi banyak pada Liverpool.

Ia tak menghasilkan tembakan ke gawang lawan, atau berusaha mendribel bola. Pada akhirnya ia ditarik keluar pada menit ke-63, digantikan Firmino.

Dari performa ini, tak heran apabola banyak fans Liverpool yang berharap tim kesayangannya membeli striker baru.

4 dari 5 halaman

Kreativitas Lini Tengah

Di pertandingan ini, Jurgen Klopp juga mengistirahatkan beberapa pemainnya. Ia lantas memainkan trio Fabinho, Naby Keita, dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Lini tengah Liverpool terlihat kurang greget. Pada akhirnya setelah satu jam, ia langsung menarik keluar Fabinho dan Chamberlain.

Masuklah Jordan Henderson dan Gini Wijnaldum. Situasi langsung berubah dan Liverpool kemudian bisa mencetak gol.

Keita memang tampil lumayan. Namun Chamberlain tampak kesulitan untuk membongkar pertahanan Villa.

Ini bisa jadi pertanda bahwa Liverpool memang membutuhkan tambahan amunisi gelandang kreatif di lini tengah. Kebetulan, belakangan ini The Reds kerap dikaitkan dengan Thiago Alcantara.

5 dari 5 halaman

Kembalinya Pepe Reina

Laga ini menjadi laga yang cukup emosional bagi satu pemain. Ia adalah kiper Aston Villa, Pepe Reina.

Kiper asal Spanyol ini masuk jajaran salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh Liverpool. Ia mencatatkan 398 penampilan bersama The Reds dalam delapan musim.

Ia juga merupakan pahlawan Liverpool di final FA Cup 2006. Reina juga masih setia mendukung The Reds meski sudah lama pindah dari Anfield.

Reina juga tampak memberikan applaus sepenuh hati ketika melakukan Guard of Honour pada skuat Liverpool jelang laga dimulai.

(Mirror/This Is Anfield)

KOMENTAR