BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Legiun Afrika di Old Trafford: Dari Eric Djemba-Djemba hingga Odion Ighalo

01-06-2020 12:36 | Asad Arifin

Selebrasi Odion Ighalo usai membobol gawang Derby County di Piala FA, Jumat (6/3/2020) dini hari. (c) AP Photo Selebrasi Odion Ighalo usai membobol gawang Derby County di Piala FA, Jumat (6/3/2020) dini hari. (c) AP Photo

Bola.net - Aksi pemain pinjaman Odion Ighalo membuat fans Manchester United terkesan. Odion Ighalo adalah pemain asal Nigeria pertama yang membela Setan Merah, tetapi dia juga legiun Afrika pertama di Old Trafford.

Sebagai klub besar, Manchester United adalah tujuan dari pesepak bola di dunia. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu pernah memiliki pemain-pemain dari seluruh benua yang ada di dunia.

Contohnya adalah Afrika. Meskipun tak banyak, ada beberapa pemain asal negara Afrika yang mampu berseragam Manchester United.

Mereka berasal dari Pantai Gading, Angola, Senegal, Kamerun, Afrika Selatan, dan Nigeria. Pantai Gading menjadi negara Afrika terbanyak karena sudah ada dua pemain yang pernah berseragam Manchester United.

Para pemain Afrika diboyong demi meningkatkan kualitas tim Manchester United. Akan tetapi, mayoritas pemain asal Afrika yang pernah didatangkan Manchester United tak memiliki rentang karier yang panjang.

Mereka terlihat kesulitan dan kemudian hengkang karena tak mampu bersaing. Lantas, siapa saja pemain asal negara Afrika yang pernah memperkuat Manchester United?

1 dari 7 halaman

Wilfried Zaha

Wilfried Zaha (c) AFP Wilfried Zaha (c) AFP

Wilfried Zaha merupakan pemain asal Pantai Gading yang memperkuat Manchester United pada 2013. Ketika itu, Wilfried Zaha diboyong dari Crystal Palace.

Akan tetapi, karier Wilfried Zaha di Manchester United tak berlangsung mulus. Rentang 2013-2015, Wilfried Zaha hanya bermain dalam dua pertandingan bersama Setan Merah.

Wilfried Zaha akhirnya meninggalkan Manchester United pada 2015. Pemain berusia 27 tahun itu memilih kembali ke Crystal Palace dan kembali mendapatkan peran inti.

2 dari 7 halaman

Manucho

Manucho (c) AFP Manucho (c) AFP

Manucho bergabung dengan Manchester United pada 2008. Ketika itu, pemain asal Angola tersebut diboyong untuk mempertajam lini depan Setan Merah.

Namun, Manucho dalam perjalanannya gagal bersaing dengan pemain lainnya. Maklum, lini depan Manchester United ketika itu sedang garang karena dihuni Cristiano Ronaldo, Carlos Tevez, dan Dimitar Berbatov.

Karier Manucho di Manchester United hanya berlangsung selama semusim dan mencatatkan tiga penampilan. Pada 2009, Manucho hengkang ke Real Valladolid setelah melakukan masa pinjaman di Panathianaikos dan Hull City.

3 dari 7 halaman

Mame Biram Diouf

Mame Biram Diouf (c) AP Photo Mame Biram Diouf (c) AP Photo

Manchester United membuat kejutan pada 2009 ketika mendatangkan Mame Biram Diouf. Pemain asal Senegal itu diangkut ke Old Trafford dari klub Norwegia, Molde.

Mame Biram Diouf berperan sebagai penyerang. Namun, Mame Biram Diouf tak banyak mendapatkan kesempatan bermain di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Mame Biram Diouf akhirnya meninggalkan Manchester United da bergabung dengan Hannover 96. Pemain 32 tahun itu tercatat hanya tampil sebanyak lima kali dan sukses mencetak satu gol untuk Setan Merah.

4 dari 7 halaman

Eric Djemba-Djemba

Eric Djemba-Djemba (c) AFP Eric Djemba-Djemba (c) AFP

Eric Djemba-Djemba bergabung dengan Manchester United dari Nantes pada 2003. Gelandang asal Kamerun itu sempat menjadi andalan di lini tengah Setan Merah.

Namun, kesempatan yang didapat Eric Djemba-Djemba tak terlalu banyak. Sir Alex Ferguson hanya memberikannya kesempatan bermain sebanyak 39 kali dan mencetak dua gol.

Eric Djemba-Djemba kemudian memilih angkat kaki dari Old Trafford pada 2005. Pemain berpostur 180 cm itu kemudian melanjutkan karier di Aston Villa.

5 dari 7 halaman

Quinton Fortune

Quinton Fortune (c) AFP Quinton Fortune (c) AFP

Quinton Fortune bergabung dengan Manchester Uited pada 1999. Pemain asal Afrika Selatan itu didatangkan dari Atletico Madrid untuk memperkuat lini belakang Setan Merah.

Quinton Fortune tampil mengesankan bersama Manchester United dan berhasil mempersembahkan tiga gelar. Quinton Fortune ketika itu memberi Manchester United gelar Premier League 2002-2003, Community Shield 2003, dan Intercontinental Cup 1999.

Quinton Fortune menjadi pemain Afrika paling sukses di Manchester United. Quinton Fortune kemudian hijah ke Bolton Wanderers pada 2006 dengan raihan 126 penampilan dan 11 gol untuk Manchester United.

6 dari 7 halaman

Eric Bailly

Bek Manchester United, Eric Bailly (c) MUFC Bek Manchester United, Eric Bailly (c) MUFC

Eric Bailly bergabung dengan Manchester United pada 2016 dari Villarreal. Pemain asal Pantai Gading itu langsung menjadi andalan di lini belakang Setan Merah.

Eric Bailly berperan penting dalam tiga gelar yang diraih Manchester United yakni Community Shield 2016, Piala Liga Inggris 2016-2017, dan Liga Europa 2016-2017. Eric Bailly sejauh ini sudah mencatatkan 74 penampilan dan mencetak 1 gol.

Penampilan Eric Bailly musim ini terganggu cedera yang diraihnya pada pada musim 2019. Sampai saat ini, Eric Bailly sudah tampil sebanyak enam pertandingan di berbagai ajang.

7 dari 7 halaman

Odion Ighalo

Odion Ighalo (c) MUFC Official Odion Ighalo (c) MUFC Official

Manchester United mendatangkan Odion Ighalo dari Shanghai Shenhua dengan status pinjaman pada 2020. Odion Ighalo menjadi pemain asal Afrika ketujuh yang pernah membela Manchester United.

Odion Ighalo langsung menjadi andalan di lini depan Manchester United. Sejauh ini, pelatih Ole Gunnar Solskjaer telah mempercayakan pemain asal Nigeria itu bermain dalam empat laga.

Odion Ighalo berhasil menjadi pemain Nigeria pertama yang berseragam Manchester United. Menarik untuk menyaksikan penampilan Odion Ighalo bersama kubu Old Trafford di sisa musim 2020.

Sumber: Manchester United

Disadur dari Bola.com [Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Yus Mei Sawitri, Terbit: 1 Juni 2020]

KOMENTAR