BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Legenda Ini Yakin Arsenal Sudah Memiliki Jawaban Untuk Redam Liverpool

28-09-2020 18:17 | Dimas Ardi Prasetya

Duel Arsenal vs Liverpool di ajang Community Shield di Stadion wembley, Sabtu (29/08/2020). (c) Pool AFP via AP Photo Duel Arsenal vs Liverpool di ajang Community Shield di Stadion wembley, Sabtu (29/08/2020). (c) Pool AFP via AP Photo

Bola.net - Legenda Arsenal Martin Keown mengklaim Mikel Arteta sudah menemukan jawaban untuk bisa meredam Liverpool dan kuncinya itu ada pada Roberto Firmino dan Fabinho.

Arsenal beberapa tahun tak cukup kuat untuk bisa menghadapi tim-tim besar lainnya di Premier League, termasuk Liverpool. Akan tetapi belakangan ini The Gunners mengalami kebangkitan di bawah asuhan Arteta.

Mereka berhasil menang dalam dua pertemuan terakhirnya kontra pasukan Jurgen Klopp. Yang pertama di akhir musim 2019-20 dan kemudian di ajang Community Shield.

Dua kemenangan ini meyakinkan Keown satu hal. Ia merasa Arteta sudah menemukan cara untuk meredam Liverpool.

1 dari 3 halaman

Kuncinya di Fabinho dan Firmino

Menurut Martin Keown, jawaban untuk mematikan Liverpool ada pada Fabinho dan Roberto Firmino. Menurutnya kedua pemain ini menjadi kunci bagi The Reds untuk mendominasi bola.

“Bagian dari kesuksesan Arsenal baru-baru ini melawan Liverpool adalah kemampuan mereka untuk membatasi kontribusi dari Roberto Firmino dan Fabinho," cetusnya pada Daily Mail

“Pasukan Jurgen Klopp mendominasi penguasaan bola dan mereka melakukan ini dengan menciptakan sistem seperti lantai mezanin. Jika pertahanan berada di lantai dasar, lini tengah di lantai pertama dan serangan di lantai dua, maka yang dilakukan Firmino dan Fabinho adalah membangun lantai mezanin di antaranya," terangnya.

“Fabinho beroperasi antara lini belakang dan lini tengah, sementara Firmino beroperasi antara lini tengah dan serangan. Jika Anda tidak menutupnya, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu permainan menonton mereka dengan bola," seru Keown.

2 dari 3 halaman

Cara Mematikan Firmino

Roberto Firmino merayakan golnya yang ia cetak ke gawang Chelsea. (c) Pool Getty via AP Photo Roberto Firmino merayakan golnya yang ia cetak ke gawang Chelsea. (c) Pool Getty via AP Photo

Martin Keown juga menjelaskan bagaimana cara Arsenal mematikan Fabinho dan Roberto Firmino. Ia mengatakan Mikel Arteta menugaskan pemain tertentu untuk mematikan kedua pemain Brasil tersebut.

Untuk Firmino, ada David Luiz. Bek yang juga berasal dari Brasil itu diberi kebebasan untuk keluar dari posnya demi mematikan penyerang yang akrab disapa Bobby tersebut.

"Tapi Arsenal telah menemukan cara untuk mengecewakan Liverpool dengan mencampurkannya. Di Community Shield, mereka mengizinkan David Luiz meninggalkan pertahanan untuk menjaga Firmino," cetusnya.

“Dalam formasi empat bek biasa, ini mungkin membuat Anda merasa terekspos. Tetapi dengan menggunakan tiga bek, Arsenal masih memiliki dua bek tengah di belakang Luiz yang siap untuk menjaga penyerang dalam yang rumit, Mohamed Salah dan Sadio Mane," tuturnya.

“Jadi pemain Brasil itu tidak keberatan melanggar garis dan melangkah lebih jauh 30 yard ke depan untuk menghadapi Firmino," ucap Keown.

3 dari 3 halaman

Cara Mematikan Fabinho

Fabinho (c) AP Photo Fabinho (c) AP Photo

Martin Keown kemudian menyebut cara Arsenal mematikan Fabinho. Caranya dengan menugaskan gelandang bertahannya untuk mengawal dan membatasi pergerakannya.

“Arsenal juga mengizinkan Mohamed Elneny meninggalkan lini tengah untuk menghentikan Fabinho. Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol di Community Shield setelah tim Mikel Arteta mengalahkan pressing tinggi Klopp dan mengumpankan bola dari belakang," ujarnya.

Arsenal akan berhadapan dengan Liverpool di pekan ketiga Premier League 2020-21. Pasukan Mikel Arteta lantas bakal bertemu lagi dengan Jurgen Klopp di babak keempat Carabao Cup pada hari Kamis atau Jumat (02/10/2020) dini hari WIB.

(Daily Mail)

KOMENTAR