Legenda Hidup Liverpool Sebut Lisandro Martinez Bisa seperti Bek Legendaris Franco Baresi

Abdi Rafi Akmal | 25 Agustus 2022, 04:48
Legenda Hidup Liverpool Sebut Lisandro Martinez Bisa seperti Bek Legendaris Franco Baresi
Lisandro Martinez. (c) Manchester United Official

Bola.net - Postur tubuh Lisandro Martinez yang hanya 175 cm kerap mendapat sorotan semenjak kedatangannya ke Manchester United. Namun, Jamie Carragher menganggap dia bisa saja jadi bek mungil kaliber Franco Baresi.

Baresi adalah salah satu bek tengah terbaik pada masanya. 20 tahun karier profesionalnya dihabiskan bersama AC Milan sejak musim 1977 - 1997. 15 tahun di antaranya diamanahkan sebagai kapten Rossoneri.

Prestasinya kelewat cemerlang. Tiga titel Liga Champions, enam titel Serie A, empat titel Supercoppa Italia, dua titel Piala Super Eropa, dan dua piala Intercontinental.

Raihan prestasinya itu didapat dengan postur yang hanya setinggi 176 cm. Ya, hanya 1 cm lebih tinggi dari Martinez.

1 dari 4 halaman

Teringat Baresi

Lisandro Martinez, bek Manchester United (c) MUFC

Lisandro Martinez, bek Manchester United (c) MUFC

Carragher jadi salah satu yang vokal mengkritik postur pendek Martinez yang bermain di Liga Inggris. Namun, posturnya itu justru mengingatkannya pada Baresi.

"Hal yang ingin saya katakan tentang dirinya adalah posturnya akan jadi masalah bagi dirinya. Terserah apa kata orang, tetapi dengan tinggi hanya 175cm, itu adalah masalah," kata Carragher dilansir dari Metro.

"Tapi kalau saya memikirkan bek terbaik yang pernah saya lihat dengan tinggi kurang lebih seperti itu adalah Franco Baresi. Tingginya hanya 176 cm."

2 dari 4 halaman

Bek Terbaik di Segala Aspek, Selain Posturnya

Franco Baresi - Sergio Ramos (c) ist

Franco Baresi - Sergio Ramos (c) ist

Bagi Carragher, Baresi adalah sosok yang berkualitas di segala aspek yang dibutuhkan untuk menjadi pemain bertahan. Satu saja kekurangannya, yaitu postur. Namun, masalah ini dianggap tidak terlalu berpengaruh karena Baresi tidak pernah main di Inggris.

"Baresi tidak pernah bermain di Inggris. Jadi posturnya itu dapat dikompensasi. Tapi, dia menunjukkan bahwa dia sangat luar biasa di segala aspek lainnya daripada pemain lain," ungkapnya.

"Baresi bisa mengorganisasi seluruh tim. Dia sangat cepat dan pandai dalam membawa bola. Kalau saya menilai, kemampuannya 10/10 hampir di segalanya. Tetapi untuk duel udara, saya akan memberinya 6/10."

3 dari 4 halaman

Martinez Bisa Setara Baresi

Lisandro Martinez resmi jadi milik Manchester United. (c) manutd.com

Lisandro Martinez resmi jadi milik Manchester United. (c) manutd.com

Setelah melihat laga melawan Liverpool, Carragher memuji Martinez yang cakap dalam membaca permainan, memberikan umpan, serta termasuk bek yang agresif. Itu jadi modal bagi Martinez untuk bisa seperti Baresi. Walaupun, ada hal lain yang perlu ditingkatkan untuk sampai ke level Baresi.

"Martinez menunjukkan di pertandingan ini. Dia harus bisa fantastis ketika dengan bola, dia harus fantastis saat berduel bukan di udara, dia harus bisa membaca permainan," jelasnya.

"Tapi apakah dia juga bisa mengorganisasi pertahanan sama baiknya dan menjadi seorang kesatria di sana? Jika dia bisa memenuhi semua kriteria itu, saya pikir kekurangan dari segi postur bisa ditoleransi."

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR