BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kumpulan Fakta dan Statistik Menarik Final FA Cup Chelsea vs Leicester City

15-05-2021 13:53 | Gia Yuda Pradana

Chelsea (c) Pool via AP Chelsea (c) Pool via AP

Bola.net - Chelsea akan berhadapan dengan Leicester City di babak final FA Cup 2020/21, Sabtu (15/5/2021). Pertandingan ini akan digelar di Wembley.

Chelsea sampai di sini setelah menyingkirkan Morecambe (4-0), Luton Town (3-1), Barnsley (1-0), Sheffield United (2-0), dan Manchester City (1-0).

Sementara itu, Leicester sukses melewati Stoke City (4-0), Brentford (3-1), Brighton (1-0), Manchester United (3-1), dan Southampton (1-0).

Berikut beberapa fakta dan statistik menarik seputar pertandingan final ini. Simak rangkumannya.

1 dari 3 halaman

Head-to-Head

Bintang Leicester, James Maddison membobol gawang Chelsea, Rabu (20/1/2021) (c) Pool EPA via AP Photo Bintang Leicester, James Maddison membobol gawang Chelsea, Rabu (20/1/2021) (c) Pool EPA via AP Photo

Chelsea memenangi ketujuh pertandingan sebelumnya kontra Leicester di FA Cup. Dua di antaranya ditentukan lewat partai replay.

Ini adalah kedua kalinya Leicester dan Chelsea berhadapan di final piala domestik. Sebelumnya, Chelsea menang agregat 3-2 atas Leicester di final Piala Liga musim 1964/65.

Satu-satunya kemenangan Leicester atas Chelsea di piala domestik adalah dengan skor 2-0 di Stamford Bridge pada leg kedua putaran kedua Piala Liga 1983/84. Leicester, yang kalah 0-2 di leg pertama, tersingkir lewat adu penalti.

Chelsea tanpa kemenangan dalam enam laga terakhirnya melawan Leicester di Premier League (M0 S4 K2). Terkini adalah 0-2 di Stamford Bridge pada pekan ke-18 Premier League musim ini, yang juga merupakan pertandingan liga terakhir Chelsea bersama Frank Lampard.

2 dari 3 halaman

Chelsea

Ben Chilwell dan manajer Chelsea, Thomas Tuchel (c) AP Photo Ben Chilwell dan manajer Chelsea, Thomas Tuchel (c) AP Photo

Chelsea mencapai final FA Cup empat kali dalam lima musim terakhir. Mereka mengalahkan Manchester United di final tahun 2018, tapi kalah dari Arsenal di tahun 2017 dan 2020.

Ini adalah final FA Cup ke-15 Chelsea. Mereka telah menjuarai kompetisi ini delapan kali. Untuk dua hal itu, mereka hanya kalah dari Arsenal dan Manchester United.

Tujuh dari delapan kemenangan mereka di final-fiinal FA Cup didapatkan Chelsea dengan margin satu gol. Pengecualiannya adalah kemenangan 2-0 atas Middlesbrough di final 1997.

Delapan kemenangan di final FA Cup itu semuanya didapatkan Chelsea bersama delapan manajer yang berbeda.

Thomas Tuchel akan menjadi manajer asal Jerman pertama yang mendampingi timnya di final FA Cup. Chelsea masih belum kebobolan di kompetisi ini bersama Tuchel.

3 dari 3 halaman

Leicester City

Manajer Leicester City, Brendan Rodgers (c) AP Photo Manajer Leicester City, Brendan Rodgers (c) AP Photo

Dari 24 klub yang sudah pernah menjuarai liga tertinggi Inggris, Leicester adalah satu-satunya yang belum pernah menjuarai FA Cup.

Leicester telah menyamai rekor klub untuk lima kemenangan beruntun di FA Cup, yang sebelumnya mereka ukir antara Januari dan April 1963.

Leicester hanya menang empat kali dalam 15 pertandingan yang sudah pernah mereka mainkan di Wembley (M4 S1 K10).

Leicester tampil di final piala mayor untuk pertama kalinya sejak tahun 2000, ketika mereka mengalahkan Tranmere 2-1 di Wembley dalam pertandingan final Piala Liga.

Brendan Rodgers sudah enam kali tampil di final sebagai manajer, dan timnya selalu keluar sebagai pemenang: play-off Championship bersama Swansea City pada 2010/11, serta tiga Piala Liga dan dua Piala Skotlandia bersama Celtic.

Sumber: BBC Sport

KOMENTAR