BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Krisis di Derby County! Klub Wayne Rooney yang Bangkrut dan Dihukum Pengurangan 12 Poin

24-09-2021 14:34 | Asad Arifin

Wayne Rooney bergabung ke Derby County mulai Januari 2020 (c) DCFC
Wayne Rooney bergabung ke Derby County mulai Januari 2020 (c) DCFC

Bola.net - Situasi pelik harus dihadapi legenda Manchester United, Wayne Rooney. Sebab, klub yang dilatihnya, Derby County, dinyatakan bangkrut dan mendapat sanksi pengurangan 12 poin pada musim 2021/2022 ini.

Rooney mulai menjadi pelatih Derby pada November 2020. Sebelumnya, dia bergabung sebagai pemain.

Rooney mampu mengamankan Derby dari zona degradasi secara dramatis pada musim lalu. Derby harus berjuang hingga laga terakhir untuk bertahan di Championship. Derby bermain imbang 3-3 lawan Sheffield Wednesday pada pekan terakhir.

1 dari 3 halaman

Kini, Bangkrut!

Derby County dinyatakan bangkrut oleh English Football League [EFL] pada hari Rabu (22/9/2021) waktu setempat. Situasi itu terjadi setelah Derby mengalami krisis finansial yang sangat pelik akibat pandemi Covid-19.

Akibat kasus tersebut, Derby mendapat sanksi. EFL memberi pemotongan 12 poin pada musim 2021/2022. Selain itu, masih ada hukuman lain yang mungkin diterima klub berjuluk The Rams itu.

Derby mungkin akan mendapat hukuman denda 100 ribu pounds dari Komisi Disiplin Independen jika ditemukan penyimpangan laporan keuangan pada July 2021 lalu.

Kini, EFL akan berusaha mencari solusi atas situasi sulit di Derby County. Mereka akan menggelar pertemuan dengan suporter klub, pemerintah setempat, dan pihak terkait lain untuk menyelamatkan klub.

2 dari 3 halaman

Komitmen Wayne Rooney

Derby sejatinya sudah mendapat 10 poin dari delapan laga awal Championship. Tapi, kini poin mereka menjadi minus 2. Wayne Rooney menegaskan bahwa dia tidak akan lari dari situasi sulit ini.

"Saya akan berjuang untuk klub. Saya tidak akan membiarkan staf dalam kesulitan. Mereka membutuhkan seseorang untuk memimpin mereka," kata Rooney.

"Jika [pengurangan] tetap pada 12 poin, saya merasa kami bisa bertahan. Tidak ada tim yang pernah melakukan itu dan saya telah menantang para pemain untuk membuat sejarah," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Kecam Pemilik Klub

Mel Morris, pemilik Derby County, telah mengadakan pertemuan dengan anggota klub dan pemain. Morris berbicara selama 45 menit dan menyebut telah mengeluarkan dana besar untuk mengelola klub. Tapi, Rooney memberi respon negatif.

"[Pidato Mell Morris] itu tidak cukup tulus atau dilakukan dengan cukup jujur. Saya hanya merasa itu sedikit tidak sopan, jujur saja," kata Rooney.

"Kita harus move on dan menempatkan Mel Morris di belakang pikiran kita. Saya di sini untuk memperjuangkan klub ini, saya tidak siap untuk pergi," sambung top skor sepanjang masa Inggris itu.

Sumber: Express, ESPN

KOMENTAR