Kontroversi MU vs Arsenal: De Gea Jatuh, Kok Gol Smith Rowe Tetap Sah?

Richard Andreas | 3 Desember 2021, 08:15
Fred (kiri) berusaha mengadang Emile Smith Rowe di laga Manchester United vs Arsenal di matchday 14 Premier League 2021-22 di Old Trafford, Jumat (03/12/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo
Fred (kiri) berusaha mengadang Emile Smith Rowe di laga Manchester United vs Arsenal di matchday 14 Premier League 2021-22 di Old Trafford, Jumat (03/12/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal menyerah dengan skor 2-3 dalam lawatan ke markas Manchester United, pekan ke-14 Premier League 2021/22, Jumat (3/12/2021). Duel antara dua tim ini berlangsung sengit.


Arsenal unggul lebih dahulu lewat gol Emile Smith Rowe (13'), lalu MU berbalik unggul 2-1, Martin Odegaard menyamakan kedudukan jadi 2-2 (54'), sayangnya Arsenal tidak bisa menghentikan gol penentu Cristiano Ronaldo (70').

The Gunners harus mengaku kalah, tapi Mikel Arteta boleh bangga. Arsenal sudah bermain sangat baik di kandang lawan, bahkan layak menang.

Menariknya, pertandingan besar seperti ini hampir selalu melahirkan kontroversi. Kali ini ada kontroversi soal gol Smith Rowe di babak pertama, mengapa begitu?

1 dari 4 halaman

Momen gol Smith Rowe

Momen gol Smith Rowe bermula dari tendangan sudut Arsenal. Terjadi kemelut di mulut gawang De Gea, bola terlempar ke luar kotak penalti.

Smith Rowe berdiri bebas untuk menyambut bola langsung dengan tembakan voli. Sepakannya mendatar keras mengarah ke sudut kiri bawah gawang MU.

Seharusnya arah bola masih relatif mudah untuk dihentikan. Namun, saat itu De Gea sudah terkapar jatuh di lapangan. Dia tidak bisa bereaksi dan bola masuk dengan mudahnya ke gawang MU.

2 dari 4 halaman

Peluit wasit

Duel Manchester United Vs Arsenal di pekan ke-14 Premier League 2021-22 di Old Trafford, Jumat (03/12/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Momen gol Smith Rowe jadi lebih rumit karena wasit Martin Atikinson baru meniup peluit ketika bola masuk ke gawang. Artinya dia mengesahkan gol tersebut, padahal De Gea sedang terjatuh.

Saat itu pertandingan sempat dihentikan sekitar 1-3 menit. VAR sedang melihat ulang momen gol tersebut. MU berharap gol dibatalkan, Arsenal berharap gol disahkan.

Setelah review VAR selesai, gol Smith Rowe tetap disahkan. Padahal De Gea sudah terjatuh, mengapa begitu?

3 dari 4 halaman

Bukan pelanggaran

Tayangan ulang menunjukkan bahwa tidak ada pelanggaran dalam kemelut yang menyebabkan terjatuhnya De Gea. Ternyata De Gea terjatuh karena kakinya diinjak Fred, pemain MU sendiri.

Jadi, tidak ada alasan untuk membatalkan gol. Pemain Arsenal juga tidak bisa menghentikan permainan dalam momen tersebut karena proses gol terjadi begitu cepat.

Artinya, tidak ada pelanggaran dalam proses terjatuhnya De Gea dan tidak ada alasan untuk menganulir gol.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR