Kontroversi Kemenangan Chelsea: Handball Thiago Silva, VAR Kok Diem Aja!

Richard Andreas | 1 Oktober 2022, 23:58
Thiago Silva, bek Chelsea (c) AP Photo
Thiago Silva, bek Chelsea (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea mengalahkan Crystal Palace dengan skor tipis 2-1 dalam duel pekan ke-9 Premier League 2022/23, Sabtu (1/10/2022). The Blues harus berjuang hingga menit ke-90 untuk membungkus tiga poin di laga kali ini.

Pertandingan tidak berjalan mudah bagi pasukan Graham Potter. Palace unggul lebih dahulu lewat gol cepat Odsonne Edouard di menit ke-7, Chelsea lambat panas.

Barulah di menit ke-38 Chelsea menyamakan kedudukan lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang. Lalu, tepat di ujung laga, Conor Gallagher mencetak gol untuk membungkus kemenangan The Blues.

Kemenangan ini krusial bagi Chelsea, tapi ada sedikit kontroversi terkait proses gol Aubameyang. Apa maksudnya?

1 dari 10 halaman

Handball Thiago Silva

Insiden ini terjadi di menit ke-33. Ayew berhasil merebut bola dan tinggal berlari ke gawang untuk berhadapan dengan kiper. Namun, Silva mendorong bola dengan tangannya dalam proses terjatuh ke lapangan.

VAR jelas memperlihatkan Silva handball. Insiden terlihat jelas, bahkan Silva tampak sengaja menyentuh bola. Pemain-pemain Palace menuntut kartu merah, tapi wasit hanya memberikan kartu kuning.

Hukuman tersebut dianggap tidak setimpal dengan pelanggaran Silva. Bahkan, lima menit setelahnya, Silva membuat assist untuk gol Aubameyang yang membuka kemenangan Chelsea.

Wajar jika pemain Palace berang, keputusan wasit kontroversial. Andai Silva mendapatkan hukuman kartu merah setimpal, Palace mungkin tidak akan kebobolan gol pertama di menit tersebut.

2 dari 10 halaman

Jadi kontroversi

3 dari 10 halaman

Kritik untuk wasit EPL nih

4 dari 10 halaman

Beruntung gak diusir wasit

5 dari 10 halaman

Katanya sih dilanggar dulu

6 dari 10 halaman

Bikin bingung kan

7 dari 10 halaman

Harusnya merah sih

8 dari 10 halaman

Kok bisa gak kartu merah?

9 dari 10 halaman

Beda cerita kalau ini Xhaka

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR