Konsorsium dari Arab Saudi & Qatar Sudah Kontak FSG untuk Ambil Alih Liverpool

Dimas Ardi Prasetya | 27 November 2022, 22:25
Konsorsium dari Arab Saudi & Qatar Sudah Kontak FSG untuk Ambil Alih Liverpool
Skuat Liverpool merayakan gol Roberto Firmino ke gawang Southampton, Sabtu (12/11/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG), dikabarkan telah membuka pembicaraan dengan sebuah konsorsium yang berbasis di Arab Saudi dan Qatar untuk membicarakan takeover The Reds yang dikabarkan bernilai tiga miliar pounds.

Di awal bulan ini ada kejutan dari Anfield. FSG dilaporkan siap membuka diri menerima investor baru di Anfield.

FSG sendiri sudah 12 tahun memayungi Liverpool. Mereka mulanya membeli The Reds dengan harga sekitar 300 juta pounds.

Liverpool kemudian disebut akan dijual dengan harga sekitar empat miliar pounds. Namun ada klaim yang menyebut FSG akan terbuka untuk melego The Reds dengan nominal sekitar 2.7 miliar pounds saja.

1 dari 4 halaman

Peminat-peminat Liverpool

Liverpool kemudian dikaitkan dengan sejumlah investor. Dari Inggris ada nama Sir Jim Ratcliffe.

Lalu ada juga orang terkaya ke delapan di dunia yang berasal dari India, Mukesh Ambani. Ada laporan bahwa ia sudah membuka komunikasi dengan pihak Liverpool.

Eks juara UFC yakni Connor McGregor juga diklaim berminat membeli Liverpool. Kemudian ada juga dua investor dari Amerika Serikat, salah satunya konsorsium yang dimiliki pengusaha bernama Stephen Pagliuca.

2 dari 4 halaman

Investor Arab Saudi

Sekarang ada kabar baru soal penjualan Liverpool. Kabarnya ada dua konsorsium yang tengah mendekati FSG.

Keduanya berasal dari Arab Saudi dan Qatar. Gosip ini dihembuskan oleh Daily Mail.

Laporan itu menyebut bahwa FSG sudah membuka pembicaraan dengan kedua konsorsium tersebut. Liverpool juga disebut akan dijual dengan harga sekitar tiga miliar pounds.

Laporan tersebut menambahkan bahwa direktur FSG Mike Gordon telah didekati secara pribadi oleh kedua calon pembeli tersebut. Selain itu media Inggris tersebut mengklaim kedua konsorsium itu adalah perusahaan swasta dan bukan perusahaan milik negara.

3 dari 4 halaman

Dukungan Menteri Olahraga Arab Saudi

Sebelumnya Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal, berbicara terkait kemungkinan ada pihak-pihak, khususnya swasta, yang ingin membeli Liverpool dan Manchester United. Ia mengaku pemerintah siap mendukung penuh pihak-pihak tersebut jika mereka memang ingin membeli kedua raksasa Liga Inggris terebut.

"Dari sektor swasta, saya tidak bisa berbicara atas nama mereka, tapi ada banyak ketertarikan dan keinginan dan ada banyak gairah tentang sepak bola. Ini adalah liga yang paling banyak ditonton di Saudi dan kawasan ini dan Anda memiliki banyak penggemar Premier League," kata Al-Faisal kepada BBC Sport.

"Kami pasti akan mendukungnya jika ada sektor swasta [Saudi] yang masuk, karena kami tahu itu akan berdampak positif pada olahraga di dalam kerajaan. Tetapi jika ada investor yang bersedia melakukannya dan jumlahnya cocok, mengapa tidak," tegasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR