BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kombinasi Starting XI Terbaik Liverpool Manchester United, Siapa Paling Dominan?

16-01-2021 00:55 | Ari Prayoga

Premier League, Liverpool vs Manchester United (c) Bola.net Premier League, Liverpool vs Manchester United (c) Bola.net

Bola.net - Duel panas bakal tersaji pada pekan ke-19 Premier League 2020/21. Dua raksasa Liga Inggris, Liverpool dan Manchester United akan bersua di Stadion Anfield, Minggu (17/1/2021) pukul 23.30 WIB.

Pertandingan ini memang diprediksi akan berlangsung dengan tensi tinggi mengingat rivalitas kedua kesebelasan. Baik Liverpool maupun Manchester United punya sejarah panjang dalam persaingan di sepak bola Inggris.

Apalagi, kedua tim sama-sama bersaing untuk menjadi yang terbaik di Premier League musim ini. Manchester United masih memimpin klasemen dengan 36 poin, unggul 3 poin dari Liverpool di bawahnya.

Selain itu, Liverpool maupun Manchester United juga memiliki komposisi skuad yang sama-sama mentereng. Pemain-pemain tersebut menjadi kunci kesuksesan kedua tim hingga mampu menembus papan atas klasemen.

Namun, akan menarik jika pemain-pemain terbaik kedua kesebelasan digabungkan menjadi satu. Bola.net menggunakan data dari Optus Sport yang mengkombinasikan starting XI terbaik Liverpool – Manchester United dengan formasi 4-3-3.

Penasaran bagaimana susunannya? Scroll ke bawah ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Kiper

Kiper: Alisson Becker (Liverpool)

Alisson Becker terus menjadi andalan Liverpool di bawah mistar gawang. Pemain berpaspor Brasil tersebut sudah 14 kali membela The Reds di ajang Premier League musim ini.

Dari 14 kali penampilannya, Alisson mencatatkan 4 kali cleansheet untuk Liverpool. Jumlah penyelamatannya juga cukup banyak yakni 28 kali penyelamatan.

Dia juga berhasil menggagalkan penalti Jorginho ketika Liverpool bertamu ke markas Chelsea pada pekan ke-2 Premier League. Sekaligus memastikan kemenangan The Reds 0-2 kala itu.

2 dari 4 halaman

Bek

Bek Kanan: Aaron Wan-Bissaka (Manchester United)

Aaron Wan-Bissaka sudah tampil sebanyak 15 kali bersama Manchester United musim ini dan mempersembahkan 11 kemenangan di antaranya.

Kontribusinya di lini pertahanan Setan Merah cukup besar. Dia tercatat melakukan 49 tekel, 19 intersep, 30 clearance dan 88 kali memenangkan duel dalam 15 kali penampilannya.

Wan-Bissaka juga menyumbang 1 assist dan 1 gol untuk Manchester United.

Bek Tengah: Fabinho (Liverpool)

Fabinho adalah pemain bertipe versatile yang bisa dimainkan sebagai defender dan midfielder. Namun, pada laga kontra Manchester United kemungkinan besar Juergen Klopp akan menempatkannya di belakang.

Fabinho berpeluang dimainkan sebagai bek karena Joel Matip diragukan tampil. Tugas itu tidaklah berat karena Fabinho lebih sering dimainkan di lini pertahanan sejak Virgil van Dijk cedera.

Meski sering tampil sebagai bek dadakan, performa Fabinho nyaris tanpa cela. Dia terbilang sukses menjaga pertahanan The Reds.

Bek Tengah: Harry Maguire (Manchester United)

Harry Maguire mendapat kepercayaan penuh dari Ole Gunnar Solskjaer untuk menjaga pertahanan Manchester United musim ini. Selama 17 kali pertandingan Premier League, posisinya belum tergantikan.

Maguire punya kemampuan clearance dan intersep yang bagus. Sehingga dia dapat diandalkan untuk mematahkan serangan Liverpool.

Bek Kiri: Andrew Robertson (Liverpool)

Robertson adalah bek kiri yang selalu tampil konsisten bersama Liverpool musim ini. Level permainannya tidak berubah meski dia menjadi pemain yang paling banyak tampil.

Sebagai bek kiri modern, Robertson juga banyak terlibat dalam gol Liverpool. Pemain asal Skotlandia itu menyumbang 5 assist dan 1 gol untuk The Reds di Premier League.

3 dari 4 halaman

Gelandang

Gelandang Kanan: Bruno Fernandes (Manchester United)

Kontribusi Bruno Fernandes untuk Manchester United tidak perlu diragukan lagi. Meski berposisi sebagai gelandang, dia adalah pemain yang paling banyak terlibat dalam gol Setan Merah di Premier League musim ini.

Bruno Fernandes telah mencetak 11 gol dan 7 assist di Liga Inggris. Dia sangat kuat dalam melakukan umpan terobosan dan memberikan umpan kunci kepada rekan-rekannya.

Gelandang Tengah: Georginio Wijnaldum (Liverpool)

Gini Wijnaldum merupakan salah satu pemain kunci di lini tengah Liverpool. Sejak menginjakkan kaki di Anfield tahun 2016 lalu, penampilannya bersama The Reds semakin meningkat.

Wijnaldum selalu mendapatkan kepercayaan dari Juergen Klopp untuk selalu tampil di ajang Premier League. Bahkan, dia selalu turun sebagai starter, hanya dua kali dia berangkat dari bangku cadangan.

Gelandang Kiri: Paul Pogba (Manchester United)

Menjadi kunci kemenangan Manchester United pada laga kontra Burnley pekan lalu, Paul Pogba nampaknya akan mendapat kepercayaan dari Ole Gunnar Solskjaer.

Bisa bermain sebagai gelandang bertahan dan gelandang tengah, Paul Pogba lebih menjanjikan jika dipasang sebagai gelandang kiri. Kemampuan melepaskan shooting jarak jauh menjadi nilai tambah pemain asal Prancis itu.

Musim ini, Paul Pogba baru mencetak 2 gol untuk Manchester United. Namun, seiring kesempatan bermain yang didapatkan, dia bisa terus berkontribusi untuk Setan Merah.

4 dari 4 halaman

Penyerang

Sayap Kanan: Sadio Mane (Liverpool)

Sadio Mane memang tidak seproduktif Mohamed Salah musim ini. Namun untuk posisi sayap kanan dia lebih baik dari winger timnas Mesir tersebut.

Sadio Mane adalah pemain yang cukup komplet untuk posisi winger, dia punya kemampuan passing dan dribbling sama bagusnya. Dia juga sangat kuat dalam finishing, dibuktikan dengan 6 gol dan 2 assistnya musim ini.

Sayap Kiri: Firmino (Liverpool)

Untuk posisi sayap kiri, pilihan jatuh kepada Roberto Firmino daripada Anthony Martial. Kontribusi pemain asal Brasil itu jauh lebih besar untuk klubnya dibanding winger berpaspor Prancis tersebut.

Firmino telah menyumbang 5 gol dan 3 assist untuk Liverpool musim ini. Masih unggul dari Martial yang baru mencetak 2 gol dan 3 assist. Firmino juga punya kemampuan passing dan memegang bola sangat kuat.

Striker: Marcus Rashford (Manchester United)

Sebagai ujung tombak, Marcus Rashford adalah yang terbaik. Meski untuk urusan mencetak gol di Premier League masih kalah dari Bruno Fernandes.

Secara keseluruhan penyerang kelahiran Inggris itu telah mencetak 14 gol dan 5 assist untuk Manchester United. Baik di Premier League, Liga Champions dan Carabao Cup.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR