BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Klub Premier League Berencana Gelar Latihan di Tengah Pandemi Corona, Begini Skenarionya

18-04-2020 13:34 | Asad Arifin

Para pemain Liverpool merayakan kemenangan 3-2 atas West Ham United pada pekan ke-27 Premier League di Stadion Anfeld, Selasa (25/2/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo
Para pemain Liverpool merayakan kemenangan 3-2 atas West Ham United pada pekan ke-27 Premier League di Stadion Anfeld, Selasa (25/2/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Klub-klub Premier League beberapa kali menggelar rapat virtual untuk membahas masa dekapan kompetisi dan klub. Salah satu tema yang dibahas adalah rencana kembali menggelar latihan.

Tidak ada lagi pertandingan Premier League yang digelar sejak pekan ke-29. Pandemi virus corona membuat semua pertandingan ditangguhkan. Hal ini bukan hanya terjadi di Inggris, tetapi di belahan dunia lain.

Bukan hanya pertandingan yang tidak bisa digelar, latihan pun tidak bisa dilakukan. Para pemain menjalani latihan secara personal dengan program yang disiapkan pelatih masing-masing.

Beberapa waktu lalu, Tottenham menggelar latihan di taman dengan jumlah pemain yang terbatas. Hal ini mendapat kecaman dari publik karena di Inggris kini diberlakukan aturan 'lockdown'.

1 dari 2 halaman

Rencana Latihan Klub Premier League

Dikutip dari The Sun, klub Premier League berencana menggelar latihan dalam waktu dekat. Latihan bakal digelar dengan syarat yang ketat dan memperhatikan kesehatan dan keamanan para pemain.

Sebelum masuk ke markas latihan klub, para pemain akan menjalani tes cepat untuk virus corona. Mereka akan menjalani tes di dalam mobil. Mereka bisa masuk tempat latihan andai hasil tesnya bagus.

Ketika sudah berada di lapangan, kontak antar pemain pun dilarang. Pemain akan berlatih dalam kelompok kecil yang terdiri dari lima atau enam pemain. Latihan juga digelar dalam porsi ringan.

Latihan tersebut rencananya bakal dimulai pada 30 Juni mendatang, dengan catatan situasi membaik. Latihan ini diharap bisa membuat pemain siap ketika sewaktu-waktu kompetisi kembali dimulai.

2 dari 2 halaman

Bayern Munchen Sudah Latihan

Klub-klub Premier League rupanya ingin meniru konsep yang dilakukan klub Jerman. Bayern Munchen sudah dua pekan menggelar latihan dalam jumlah terbatas. Latihan juga tak digelar rutin setiap hari.

Dalam latihan para pemain juga menerapkan pembatasan jarak atau physical distancing sebagai upaya mencegah terinfeksi virus corona. Para pemain mengaplikasikan jarak antara satu setengah hingga dua meter. Latihan digelar tanpa kontak fisik.

Apa yang dilakukan Die Rotten tersebut juga sebelumnya diterapkan dua klub Bundesliga, yakni Borussia Monchengladbach dan Wolfsburg.

"Sangat tidak biasa melakukan sesi latihan dalam kelompok-kelompok kecil, tapi juga menyenangkan melihat teman-teman secara personal lagi," ujar Manuel Nuer.

Sumber: The Sun

KOMENTAR