BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Klub-Klub Kecil Menderita Hingga Terancam Bangkrut, Premier League Didesak Bertindak

18-03-2020 09:40 | Richard Andreas

Nike Tunnel Vision Merlin, Bola Resmi Premier League (c) Nike Nike Tunnel Vision Merlin, Bola Resmi Premier League (c) Nike

Bola.net - Jamie Redknapp mendesak Premier League untuk segera mengambil tindakan untuk membantu klub-klub kecil dalam menghadapi dampak finansial di tengah pandemi virus corona. Dia mengkhawatirkan klub-klub yang berada di level rendah, khususnya beberapa kasta di bawah Premier League.

Sepak bola Inggris tengah dihentikan sementara sampai awal April 2020 mendatang, itu pun belum pasti bisa dilanjutkan kembali. Mereka harus mengamati bagaimana perkembangan pandemi virus corona.

Kamis (19/3/2020) besok, Premier League, FA, dan EFL, baru akan bersatu dalam pertemuan darurat untuk menentukan langkah di sisa musim ini. Keputusan UEFA yang menunda gelaran Euro sampai setahun ke depan membantu liga-liga domestik mendapatkan ruang gerak.

Terlepas dari keputusan nanti, Redknapp justru lebih khawatir dengan kondisi klub-klub kecil di tengah penundaan selama dua-tiga pekan ini. Apa katanya?

1 dari 2 halaman

Bantulah yang Kecil

Redknapp tahu fokus utama pertemuan darurat Kamis besok adalah tentang bagaimana menghabiskan sisa musim ini, tapi dia mencoba menyuarakan maslah yang tidak kalah penting.

Menurutnya, penghentian sementara ini benar-benar berdampak buruk pada klub-klub kecil. Arus finansial mereka yang sudah pas-pasan itu sekarang justru macet.

"Ketika dunia sudah dalam kondisi yang lebih baik, kita bisa memulai kembali. Sangatlah penting Premier League dan klub-klub lain membantu serta melakukan apa pun yang bisa mereka lakukan untuk menjaga klub-klub kecil tetap hidup," tegas Redknapp kepada Sky Sports.

"Banyak klub-klub kecil yang akan bangkrut karena masalah ini, mereka butuh sedikit bantuan. Itu tidak akan menyulitkan klub-klub Premier League, mengingat banyaknya uang yang dihasilkan liga ini."

2 dari 2 halaman

Mempertahankan Sepak Bola

Redknapp tahu klub-klub kecil itulah salah satu pilar utama sepak bola Inggris. Peran mereka tidak bisa diabaikan meski pengelolaannya nyaris amatir. Menonton sepak bola di hari Minggu adalah salah satu hiburan terbaik.

"Ada begitu banyak orang yang ingin menonton tim kesayangan mereka bermain di hari Minggu," sambung Redknapp.

"Jika Anda menghapus itu dari hidup mereka, jelas akan berpengaruh pada kesehatan finansial dan mental. Banyak orang yang membutuhkan sepak bola sebagai pelarian."

"Jadi kita harus memastikan klub-klub kecil ini mendapatkan dukungan finansial untuk terus berjalan," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR