Klaim Andy Cole: Tanpa De Gea, Manchester United Cuma Klub Medioker

Yaumil Azis | 17 Februari 2022, 03:08
Kiper Manchester United, David De Gea (c) AP Photo
Kiper Manchester United, David De Gea (c) AP Photo

Bola.net - Andy Cole melontarkan kritik pedas buat Manchester United. Ia menganggap mantan klubnya itu bakal finis di papan tengah Premier League jika tidak memiliki kiper handal seperti David de Gea.

Memang, David de Gea memproduksi banyak penyelamatan berkelas yang membuat Manchester United terhindar dari kebobolan. Bahkan karena aksinya, the Red Devils seringkali terhindar dari kekalahan.

Contoh paling nyata terlihat ketika klub asuhan Ralf Rangnick tersebut bertemu Brighton & Hove pada laga lanjutan Premier League hari Rabu (16/2/2022) kemarin. Brighton mendominasi babak pertama dan memproduksi banyak peluang emas.

The Seagulls seharusnya bisa unggul lebih dulu, mungkin saja meraih kemenangan. Namun peluang-peluang mereka selalu gagal membuahkan gol karena aksi De Gea. Pada akhirnya, the Red Devils keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

De Gea Luar Biasa

Entah bagaimana nasib Manchester United kalau tidak memiliki De Gea di bawah mistar gawang, tapi Cole merasa tahu persis jawabannya. Ia percaya kalau mantan klubnya itu hanya akan finis di papan tengah tanpa De Gea.

"Tanpa performa orang ini, Manchester United hanya berada di papan tengah klasemen," kata Cole, yang pernah menjadi salah satu pahlawan Manchester United di era treble 1999, kepada Premier League Productions.

"Saya tidak yakin ada orang yang bisa membantah. Performanya musim ini luar biasa. Itu memberitahu saya bahwa Manchester United tidak berada di tempat yang seharusnya," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Tanpa De Gea, MU...

Catatan De Gea musim ini sangat luar biasa. Ia membuat 92 penyelamatan - rata-rata 3,68 kali menghalau tembakan per pertandingan. Lebih banyak 12 penyelamatan dari rival terdekatnya, Illan Meslier.

Pada akhirnya, De Gea cuma manusia. Manchester United tak bisa bergantung pada kipernya sendirian untuk meraih tiga angka di setiap laga. Kontribusi pemain yang mengisi sektor lainnya pun diperlukan.

Cole tidak puas dengan kontribusi pemain-pemain lainnya sejauh ini. Mulai dari pertahanan hingga lini depan, semua gagal memenuhi standar pria berumur 50 tahun tersebut.

"Dari segi pertahanan, mereka tidak berada di tempat yang seharusnya, gelandang mereka tidak berada di tempat yang seharusnya dan di depan, mereka tidak mencetak gol cukup banyak."

"Tanpa orang itu [De Gea], saya pikir mereka akan benar-benar kesulitan," pungkas Cole.

(Premier League Productions via The Mirror)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR