BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kisruh European Super League, Pemilik Liverpool Diancam Bakal Diusir dari Anfield

20-04-2021 16:49 | Dimas Ardi Prasetya

Dukungan suporter Liverpool di Anfield (c) AP Photo
Dukungan suporter Liverpool di Anfield (c) AP Photo

Bola.net - Jamie Carragher memperingatkan pemilik Liverpool yakni Fenway Sports Group (FSG) bahwa jika Jurgen Klopp cabut dari Anfield karena kisruh European Super League, maka mereka bakal diusir dalam waktu sepekan oleh para suporter The Reds.

Liverpool saat ini dalam sorotan besar dari fans sepak bola dunia, khususnya Eropa. Sebab mereka termasuk salah satu dari 11 klub penggagas European Super League (ESL).

Kompetisi ini adalah kompetisi tandingan Liga Champions. Selain Liverpool, ada lima klub lainnya dari Premier League yang gabung ESL, plus tiga klub dari La Liga dan tiga sisanya dari Serie A.

Situasi ini membuat Klopp berada dalam dilema besar. Sebab ia sudah sejak lama menolak proposal dibentuknya ESL.

1 dari 2 halaman

Ancaman Carragher pada Owner Liverpool

Situasi itu sendiri disebut bisa saja bermuara pada hal yang tidak diinginkan; Jurgen Klopp angkat kaki dari Liverpool. Jamie Carragher tak mau melihat hal tersebut terjadi.

Ia yakin para fans juga merasa demikian. Carragher lantas memberikan peringatan bahwa jika Klopp sampai benar cabut dari Anfield, maka FSG bisa bernasib sama seperti pendahulunya yakni George Gillett dan Tom Hicks.

"Dari klub saya, satu-satunya alasan Liverpool berada di sini adalah atau memiliki peluang untuk berada di Liga Super ini, karena mereka telah memenangkan enam Piala Eropa dan 20 gelar liga. Hanya satu dari masing-masing yang berada di bawah FSG," bukanya pada Sky Sports.

"Mereka telah menggunakan semua yang telah dilakukan Liverpool dalam sejarah mereka, bahkan sebelum Bill Shankly, untuk melapisi kantong mereka sendiri. Hal terbesar adalah semua orang menentangnya. Jurgen Klopp berbicara tentang ini pada 2019 dan membuat pendiriannya sangat jelas," tegasnya.

"Jika Liverpool kehilangan manajer mereka karena ini dalam 12 bulan ke depan, maka pemilik klub itu akan habis dalam seminggu. Saya dapat meyakinkan Anda tentang itu," koar Carragher.

2 dari 2 halaman

Apa Kata Klopp?

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Manajer Liverpool Jurgen Klopp sebelumnya sempat berbicara soal masa depannya. Ia menegaskan masih akan tetap bertahan di Liverpool sesuai kontraknya meski ada kisruh soal European Super League ini.

"Saya di sini sebagai pelatih dan manajer, dan akan melakukannya selama orang-orang membolehkan saya melakukan itu. Saya telah mendengar bahwa saya akan mundur atau apapun itu. Jika waktu semakin berat, itu membuat saya semakin ingin bertahan di sini," serunya seperti yang dikutip dari Goal.

"Saya merasa bertanggung jawab kepada tim, bertanggung jawab terhadap klub dan hubungan yang kami miliki bersama fans. Ini adalah masa yang berat, tapi saya akan coba menyelesaikannya," tegas Klopp.

Bergabungnya Liverpool ke European Super League ini sendiri ditentang habis-habisan oleh para suporternya. Sebagian dari mereka bahkan akhirnya memasang spanduk yang menegaskan penolakan mereka pada ESL. Bahkan ada sejumlah kelompok suporter yang mencopot bendera yang mereka pasang di Anfield di setiap laga kandang di masa pandemi ini.

(Sky Sports)

KOMENTAR