BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kisah Granit Xhaka Bakal Berbeda Jika Bermain di Liverpool

08-01-2020 17:14 | Dimas Ardi Prasetya

Gelandang Arsenal, Granit Xhaka (c) AFC Gelandang Arsenal, Granit Xhaka (c) AFC

Bola.net - Eks gelandang Liverpool Danny Murphy mengklaim Granit Xhaka pasti akan jadi pemain yang hebat jika ia bermain di skuat The Reds.

Xhaka direkrut oleh Arsenal pada tahun 2016 lalu. Akan tetapi pemain asal Swiss ini gagal menampilkan performa terbaiknya bagi tim London Utara tersebut.

Justru, Xhaka lama kelamaan membuat jengkel para suporter. The Gooners, julukan suporter Arsenal, makin kesal setelah Unai Emery menjadikannya kapten tim.

Hubungan Xhaka dengan suporter sempat memanas setelah sang pemain tampak menantang para suporter saat ditarik keluar lapangan beberapa waktu lalu. Pada akhirnya pemain berusia 27 tahun itu kehilangan ban kapten yang dipercayakan kepadanya.

Xhaka sempat tidak dimainkan di sejumlah laga. Setelah itu ban kapten diserahkan kepada Pierre-Emerick Aubameyang.

1 dari 2 halaman

Bisa Hebat di Liverpool

Danny Murphy menilai Granit Xhaka sebenarnya adalah pemain yang bagus. Jadi kenapa ia gagal di Arsenal?

Menurut Murphy, Xhaka kesulitan untuk bermain di tim yang sedang dalam masa-masa sulit. Namun cerita mantan pemain FC Basel itu disebut Murphy bakal berbeda jika ia bermain di Liverpool.

“Jika Xhaka berada di sisi Liverpool bersama Henderson dan Fabinho, ia akan terlihat seperti pemain yang hebat karena secara teknis ia bagus, pengumpan yang bagus, memiliki tembakan yang bagus dan ia memiliki kemampuan dengan kaki kirinya yang bagus untuk membuka [ruang bagi] Anda," cetusnya pada talkSPORT.

“Tetapi ketika Anda bermain di tim yang sedikit kesulitan, dari sisi bertahan ia cuma berstatus sebagai penumpang dan tidak menguntungkan," klaimnya.

"Ini adalah dilema bagi Mikel Arteta karena ia memiliki pasukan yang perlu sedikit perbaikan," seru Murphy.

2 dari 2 halaman

Masa Depan Granit Xhaka

Setelah terjadinya perselisihan dengan para fans, masa depan Granit Xhaka menjadi tidak jelas. Bahkan situasi itu terus berlanjut meski saat ini The Gunners sudah ditangani oleh Mikel Arteta.

Agen Xhaka yakni Jose Noguera sebelumnya sempat mengatakan bahwa kliennya bakal angkat kaki dari Emirates Stadium pada bulan Januari 2020. Apalagi sudah ada klub yang telah bersepakat dengan pihaknya yakni Hertha Berlin.

"Dengar, saya akan berkata dengan jelas dan jujur - kami sudah mencapai kesepakatan dengan Hertha dan sepertinya akan menuju ke Berlin," ujar Noguera kepada Blick.

Akan tetapi di sisi lain, Mikel Arteta menegaskan keyakinannya bahwa Granit Xhaka tak akan meninggalkan The Gunners pada jendela transfer Januari 2020 ini. "Saya rasa dia akan bertahan," seru eks gelandang Arsenal ini.

Granit Xhaka sejauh ini sudah bermain sebanyak 152 kali bagi Arsenal di semua ajang kompetisi. Kontraknya di Emirates Stadium masih tersisa hingga musim panas 2023 mendatang.

(talksport)

KOMENTAR