Kisah Emiliano Martinez: Dulu Dibuang Arsenal dan Kini Sangat Dikagumi Lionel Messi

Asad Arifin | 12 Oktober 2021, 09:21
Emiliano Martinez bersama para pemain Argentina di Copa America 2021 (c) AP Photo
Emiliano Martinez bersama para pemain Argentina di Copa America 2021 (c) AP Photo

Bola.net - Pada awal musim 2020/2021 lalu, Mikel Arteta membuat keputusan penting. Arteta mendepak kiper Emiliano Martinez. Sosok yang setahun kemudian mendapat pujian setinggi langit dari Lionel Messi.

Martinez menikmati karier sebagai kiper Arsenal selama 11 tahun. Namun, dia sangat jarang tampil pada laga-laga penting. Pemain asal Argentina itu lebih sering berada di tim cadangan atau dipinjamkan.

Dari 11 tahun masa bakti di Arsenal, final Piala FA 2019/2020 mungkin menjadi momen terbaiknya. Martinez tampil bagus dan membawa Arsenal menang dengan skor 2-1 atas Chelsea. Namun, setelah itu ambyar!

Arteta memilih Bernd Leno menjadi kiper utama dan melepas Martinez ke Aston Villa dengan harga transfer 18 juta Euro.

1 dari 4 halaman

Pengkhianatan

Emiliano Martinez (c) ARS

Emiliano Martinez (c) ARS

Martinez didatangkan Arsenal pada era Arsene Wenger. Dia disiapkan untuk rencana jangka panjang. Martinez cukup lama bersabar menanti kesempatan bermain di tim utama. Tapi, kesempatan itu tak kunjung datang.

Pada akhirnya, mimpi Martinez untuk jadi kiper utama Arsenal pupus di tangan Mikel Arteta.

"Saya dalam kondisi terbaik dalam karir dan saat saya tidak memiliki jaminan soal waktu bermain, saya menjadi tak yakin untuk bertahan. Saya berjuang untuk menjadi No.1 Argentina, itulah impian saya," ujarnya kepada Sky Sports.

"Aston Villa adalah klub besar, saya tidak ragu pindah ke sini. Semua berpikir kalau ini adalah penurunan dari Arsenal ke Villa, namu saya sesungguhnya berpikir kalau ini adalah peningkatan dalam karir saya," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Situasi Berbalik

Emiliano Martinez (kanan) dan Leandro Paredes saat melawan Kolombia di semifinal Copa America 2021. (c) AP Photo

Emiliano Martinez (kanan) dan Leandro Paredes saat melawan Kolombia di semifinal Copa America 2021. (c) AP Photo

Martinez kini meninggalkan luka bagi Arsenal. Ketika performa Leno tak cukup bagus, Martinez justru berada dalam puncak karier. Dia bersinar bersama Aston Villa dan menjadi andalan timnas Argentina.

Saat Arsenal merayakan musim 2020/2021 tanpa gelar juara, dan tidak berada di papan atas klasemen Premier League, Martinez justru mengantar Lionel Messi meraih trofi pertamanya bersama timnas Argentina. Mereka juara Copa America 2021.

Ketika Martinez sedang bagus-bagusnya, Leno dan Arsenal limbung. Bahkan, Arteta harus membayar ekstra untuk bisa membeli Aaron Ramsdale yang disiapkan untuk menjadi kiper utama.

3 dari 4 halaman

Dikagumi Lionel Messi

Kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez (c) AP Photo

Kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez (c) AP Photo

Lionel Messi pernah bermain dengan banyak pemain bintang. Namun, di mata Messi, sosok Martinez punya tempat yang spesial. Sukses menjadi juara Copa America 2021 membuat Messi tidak akan lupa pada Martinez.

"Kami memiliki Martinez, seorang penjaga gawang yang fenomenal. Kami tahu bahwa dia akan menghentikan mereka. Kami tahu dan percaya padanya. Dia layak mendapatkannya," ucap Messi di Copa America 2021 lalu.

Baru-baru ini, Messi kembali menebar pujian untuk kiper 29 tahun itu.

"Ketika serangan datang kepadanya, dia selalu merespons. Yang jelas, sekali lagi, dia membuktikan dirinya setelah Copa America. Mengesankan dan kami memiliki salah satu kiper terbaik di dunia, tanpa diragukan lagi," puji La Pulga.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR