BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kisah Elanga dan Orang Tua yang Membantu Manchester United Merebutnya dari Man City

20-01-2022 14:38 | Yaumil Azis

Winger muda Manchester United, Anthony Elanga (c) AP Photo
Winger muda Manchester United, Anthony Elanga (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United kembali mengorbitkan pemain muda hasil jebolan tim akademinya. Dia Anthony Elanga, yang baru-baru ini mempersembahkan gol dan membantu the Red Devils meraih tiga angka.

Elanga hanya tinggal menunggu waktu sampai gol pertamanya pada musim ini tercipta. Performanya ketika Manchester United bertemu Aston Villa pada akhir pekan kemarin mengundang decak kagum dari berbagai kalangan.

Ia menghasilkan beberapa peluang emas pada pertandingan tersebut. Sayangnya, Elanga gagal membubuhkan namanya di papan skor. Pemain berusia 19 tahun itu belajar dari kesalahan dan memperbaikinya di laga berikutnya.

Ralf Rangnick selaku pelatih Manchester United memberinya kesempatan buat unjuk gigi di laga kontra Brentford hari Kamis (20/1/2022). Kepercayaan itu dibayar tuntas olehnya dengan persembahan gol yang membuat the Red Devils menang 3-1.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Klub Pertama Elanga

Pemain Manchester United, Anthony Elanga. (c) AP Photo
Pemain Manchester United, Anthony Elanga. (c) AP Photo

Jalan kisah ini mungkin bisa berbeda kalau potensi Elanga tidak disaksikan oleh penonton pertandingan Hattersley FC beberapa tahun lalu. Ya, Elanga bergabung dengan Hattersley FC ketika masih berusia 11 tahun.

Ian Forder adalah pelatih Hattersley FC kala itu. Ia mengenang kembali bagaimana dirinya dibuat terkesima oleh penampilan Elanga pada bulan Januari yang dingin. Saat itu, Elanga datang bersama sang ibu setelah pindah dari Swedia.

"Anthony datang untuk melihat Hyde United, yang biasanya berlatih di samping kami. Saya melihat dia bersama ibunya dan tampak tersesat. Saya kemudian mendekatinya dan bilang 'Bisa kami bantu?' dan dia bertanya apakah kami Hyde United."

"Saya jawab, 'bukan, kami Hattersley. Hyde biasanya berlatih di lapangan sebelah ini tapi mereka tidak datang. Anda tinggal di mana?'. Dia menjawab 'Hyde', lalu saya berkata, 'Ketimbang menyia-nyiakan perjalanan, ikutlah berlatih bersama kami'."

2 dari 3 halaman

10 Menit yang Penting

Anthony Elanga (c) MUFC Official
Anthony Elanga (c) MUFC Official

Elanga mengikuti perkataan Forder, mengenakan sepatunya dan mulai berlatih bersama Hattersley. Aksinya pada sesi latihan itu sukses membuat Forder terkesima dan langsung merekrutnya.

"10 menit kemudian, saya menyodori kertas tanda tangan ke Ibunya! Itu adalah malam yang dingin di bulan januari. Saya sungguh percaya Hyde takkan datang, jadi mereka yang rugi," kata Forder lagi.

"Tapi saya tak berniat membiarkan dia pergi setelah 10 menit itu. Ketika ibunya mengembalikan formulir dan saya melihat usianya, saya berpikir, 'Saya takkan membiarkan anda pergi, nak - anda takkan lama di sini'."

3 dari 3 halaman

Merebut Elanga dari Manchester City

Selebrasi Anthony Elenga usai membobol gawang Brentford pada laga tunda pekan ke-17 Premier League musim 2021/2022 di Community Stadium (c) AP Photo
Selebrasi Anthony Elenga usai membobol gawang Brentford pada laga tunda pekan ke-17 Premier League musim 2021/2022 di Community Stadium (c) AP Photo

Elanga memulai kiprahnya di Hattersley U-12. Setelah melalui 12 pertandingan, ia sudah mengantongi 17 gol dan membuat asis sekitar 27 kali seperti yang diingat oleh Forder. Catatan tersebut membuat Manchester City datang.

Ian mengatakan kalau Elanga sempat menghadiri sesi latihan Manchester City beberapa kali. Lalu pada sebuah pertandingan, di mana Elanga sudah mencapai level U-14, seorang penonton membantu Manchester United 'menculik' sang pemain.

"Dia [Elanga] mengambil bola dari wilayah sendiri, melewati tujuh pemain, memutari kiper dan mencetak gol dengan sisi kaki," lanjut Forder.

"Salah satu orang tua yang berada di sana merupakan pengamat pemain dan dia menghubungi kepala pemandu bakat United, yang melihatnya. Saya pikir kami kalah 1-8 tapi Anthony tampil luar biasa."

Manchester United pun merebut Elanga dari City. Elanga tidak melupakan klub lamanya itu, dan baru-baru ini merogoh kocek sebesar 80 pounds (Rp1,5 juta) buat Hattersley untuk bermain di Alder Community usai lapangannya tergenang air.

(The Sun)

KOMENTAR