Kiprah Para Alumni Chelsea di Manchester United: Banyak yang Flop?

Asad Arifin | 10 Agustus 2022, 12:59
Alvaro Morata (c) AP Photo
Alvaro Morata (c) AP Photo

Bola.net - Kekalahan atas Brighton di Old Trafford membuat situasi di Manchester United semakin panas. Tidak lama pasca kekalahan tersebut, MU langsung bergerak mencari pemain baru untuk memperkuat skuatnya.

Nama Marko Arnautovic dan Adrien Rabiot langsung melambung setelah Setan Merah dikabarkan mengincar mereka. MU bahkan sudah memberikan tawaran untuk memboyong dua pemain ini.

Arnautovic yang diplot sebagai striker anyar ternyata mendapat banyak kritikan dari fans MU. selain itu tawaran pertama mereka juga ditolak oleh Bologna.

Dengan kondisi itu akhirnya MU mengalihkan perhatian ke striker lain yakni Alvaro Morata. Menurut jurnalis ESPN, agen Morata dikabarkan menawarkan sang pemain ke MU.

Namun MU perlu berpikir matang terlebih saat melihat performa Morata saat di Chelsea yang sangat buruk. Selain itu, MU juga memiliki beberapa rekam jejak yang kurang baik dengan pemain eks Chelsea. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Juan Mata

Gelandang Manchester United Juan Mata. (c) AP Photo

Gelandang Manchester United Juan Mata. (c) AP Photo

Kepindahan Juan Mata ke Manchester United sangat ramai diperbincangkan pada musim 2013/2014. Bagaimana tidak, Mata sebelumnya menjalani tiga musim fantastis bersama The Blues.

Memainkan 134 pertandingan, Mata menyumbangkan 31 gol dan 58 assist bagi Chelsea. Performa gacor Mata akhirnya membuat MU memboyongnya dengan mahar 44,7 juta euro.

Mencetak 19 gol dan 35 assist di musim terakhirnya bersama Chelsea, Mata justru melempem di Old Trafford. Penampilan Mata dari musim ke musim juga semakin menurun. Mata berpisah dengan United pada akhir musim 2021/2022 lalu.

2 dari 4 halaman

Romelu Lukaku

Man United Vs Chelsea (c) AP Photo

Man United Vs Chelsea (c) AP Photo

Performa Romelu Lukaku memang sangat sulit diprediksi. Lukaku tampil baik saat membela Everton. Lukaku justru tokcer dengan mencetak 87 gol. Sebelum sukses di Everton, Lukaku punya periode sulit bersama Chelsea.

Performa Lukaku yang bagus bersama Everton membuat MU merekrutnya pada musim 2017/2018. Ditebus seharga 84,7 juta euro, penampilan Lukaku tergolong biasa-biasa saja di MU.

Ia mencetak 42 gol selama dua musim berseragam MU. Statistik ini tidak begitu buruk jika dibandingkan saat Lukaku membela Chelsea. Setelah bersama MU, Lukaku akhirnya berpindah ke Serie A pada musim 2019/2020 untuk membela Inter Milan. Lukaku tampil gemilang dengan meraih scudetto.

3 dari 4 halaman

Nemanja Matic

Aksi gelandang Manchester United, Nemanja Matic, pada pekan ke-20 Premier League (c) AP Photo

Aksi gelandang Manchester United, Nemanja Matic, pada pekan ke-20 Premier League (c) AP Photo

Nemanja Matic baru saja resmi pindah ke AS Roma secara gratis. Matic memilih berpisah dengan United usai kontraknya habis. Dia mengumumkan kepergiannya bahkan sebelum musim 2021/2022 usai.

Matic sendiri merupakan rekrutan MU pada musim 2017/2018 dari Chelsea. MU menebusnya seharga Juan Mata yakni 44,7 juta euro.

Harga dan nasib Matic sepertinya sama dengan Mata di MU. Menjadi gelandang bertahan tangguh di Stamford Bridge nyatanya bukan jaminan bermain bagus juga di Old Trafford.

Menjalani lima musim bersama MU, Matic sering berada dibangku cadangan beberapa musim terakhir. Ia memainkan 188 pertandingan dengan sumbangan empat gol dan 11 assist bersama MU.

Sumber: Transfermarkt dan ESPN

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR