Kilas Balik Hasil Derby Manchester Pertama Lima Pelatih Manchester United Setelah Era Sir Alex Ferguson: Kalah Semua!

Abdi Rafi Akmal | 30 September 2022, 16:23
Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan dalam laga melawan Manchester United di Old Trafford, Sabtu (6/11/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan dalam laga melawan Manchester United di Old Trafford, Sabtu (6/11/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Erik Ten Hag akhirnya akan melakoni Derby Manchester pertamanya sebagai pelatih Manchester United. Laga nanti tidak sekadar menang atau kalah, tetapi juga rivalitas antara tim satu kota. Pertandingan antara Manchester City vs Manchester United akan digelar di Etihad Stadium, Minggu (2/10/2022) malam WIB dalam lanjutan pekan ke-9 Liga Inggris 2022/2023.

Semenjak Man United memenangkan titel Premier League di tahun 2012/2013, kondisi kedua tim sudah jomplang. Man City dinobatkan sebagai kandidat juara nyaris setiap tahun, namun Man United bertarung untuk zona Liga Champions saja ngos-ngosan.

Namun, Ten Hag yang kini menukangi Man United membawa angin segar. Setidaknya selama awal musim ini, Ten Hag telah membuktikan bahwa ia perlahan membawa Man United ke jalur yang tepat. Ia sudah membuktikannya dua kali saat mengalahkan Liverpool dan Arsenal.

Hanya saja, Derby Manchester nanti akan berbeda atmosfernya. Pasalnya, lima pelatih terakhir Man United kalah seluruhnya dalam Derby Manchester pertama mereka. Mampu kah Ten Hag memutus tren buruk tersebut?

Yuk, kilas balik seluruh kekalahan pertama pelatih Manchester United di Derby Manchester~

1 dari 6 halaman

David Moyes: Manchester City 4-1 Manchester United

David Moyes (c) AFP

David Moyes (c) AFP

The Chosen One, begitu orang-orang memanggil Moyes yang menjadi pelatih pertama Man United selepas era keemasan bersama Sir Alex Ferguson.

Pada laga Derby Manchester pertama (22/9/2013), tepatnya pada pekan ke-5 Liga Inggris 2012/2013 di Etihad Stadium, tim yang dikomandoi Moyes tumbang 1-4 dari Man City.

Empat gol Man City dicetak oleh Yaya Toure, Samir Nasri, dan dua gol dari Sergio Aguero. Sedangkan Man United hanya bisa mencetak gol lewat Wayne Rooney.

2 dari 6 halaman

Louis van Gaal: Manchester City 1-0 Manchester United

Louis Van Gaal (c) Ist

Louis Van Gaal (c) Ist

Man United tidak asal-asalan memilih pelatih berikutnya. Van Gaal yang sudah teruji soal mentalitasnya sebagai pelatih bermental pemenang akhirnya ditunjuk.

Namun, status itu pun tidak mengubah fakta bahwa Van Gaal juga kalah dalam laga Derby Manchester pertamanya (2/11/2014) dalam lanjutan Liga Inggris 2013/2014 pekan ke-10. Man United tumbang 0-1 dari Man City lagi-lagi di Etihad Stadium.

Sergio Aguero kembali jadi mimpi buruk Setan Merah. Gol semata wayangnya sukses membuat kota Manchester menjadi biru.

3 dari 6 halaman

Jose Mourinho: Manchester United 1-2 Manchester City

Jose Mourinho (c) mufc

Jose Mourinho (c) mufc

Penunjukan pelatih selanjutnya semakin serius setelah gagal bersama Van Gaal. Mourinho yang dikenal sebagai The Special One ditunjuk untuk jadi juru taktik baru Man United.

Sama seperti dua pelatih sebelumnya, Mourinho juga kalah pada laga Derby Manchester pertama (10/9/2016) dalam lanjutan Liga Inggris 2016/2017 pekan ke-4. Nahas, Man United takluk 1-2 dari Man City di kandang sendiri.

Gol dari Zlatan Ibrahimovic tidak cukup untuk mengejar dua gol Man City yang masing-masing dicetak oleh Kevin de Bruyne dan Kelechi Iheanacho.

4 dari 6 halaman

Ole Gunnar Solskjaer: Manchester United 0-2 Manchester City

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Formula penunjukan pelatih top rupanya tidak mempan di Man United. Alhasil, pelatih yang ditunjuk adalah Ole, mantan pemain Man United yang diharapkan bisa mengembalikan kultur seperti kejayaan tim dulu.

Sayangnya harapan itu sama saja sirna. Pada Derby Manchester pertamanya (24/4/2019) dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-31, Man United kalah 0-2 dari Man City lagi-lagi di kandang sendiri.

Dua pemain Man City jadi biang kerok kekalahan Man United di laga tersebut. Dua pemain itu adalah Bernardo Silva dan Leroy Sane.

5 dari 6 halaman

Ralf Rangnick: Manchester City 4-1 Manchester United

Manajer interim Manchester United Ralf Rangnick. (c) AP Photo

Manajer interim Manchester United Ralf Rangnick. (c) AP Photo

Rangnick saat itu masih sebagai pelatih interim. Namun, banyak menganggap Rangnick adalah seorang yang jenius bahkan sempat akan diangkat jadi penasehat klub, sampai akhirnya dia mundur duluan.

Dalam masa kepelatihannya itu, Rangnick juga tidak bisa berbicara banyak pada laga Derby Manchester pertamanya (6/3/2022) dalam lanjutan Liga Inggris 2021/2022 pekan ke-28. Man United dihancurkan 4-1 di markas Man City.

Kevin De Bruyne dan Riyad Mahrez memborong masing-masing dua gol pada laga ini. Sementara itu, Man United hanya sekali bersorak lewat gol yang diciptakan Jadon Sancho.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR