BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Khianati Sejarah Klub, Fans Ultimatum Manchester United untuk Mundur dari European Super League

19-04-2021 15:57 | Serafin Unus Pasi

Bendera Manchester United (c) AP Photo Bendera Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Keputusan Manchester United untuk mengikuti European Super League (ESL) mendapatkan kecaman keras dari para pendukung mereka. Perwakilan fans Setan Merah mendesak pihak klub untuk mundur dari kompetisi baru itu.

Dini hari tadi, sebuah pengumuman mengejutkan dunia sepakbola. 12 tim top Eropa mengumumkan bahwa mereka akan membentuk sebuah kompetisi 'elit' baru Eropa dengan nama European Super League.

Salah satu dari 12 klub itu adalah Manchester United. Setan Merah dan empat raksasa EPL lainnya itu menjadi pendiri dari kompetisi ini.

Namun keikutsertaan MU di kompetisi ini mendapatkan penolakan dari para fans. "Proposal mengenai kompetisi itu sangat tidak bisa diterima dan mengejutkan fans Manchester United dan juga klub-klub lain," bunyi pernyataan Manchester United Supporters Trust (MUST) yang dikutip Manchester Evening News.

Baca pernyataan resmi badan independen fans Manchester United itu di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Mengkhinati Sejarah

Dalam pernyataan resminya, MUST menilai keikutsertaan MU di ESL merupakan bentuk dari pengkhinaatan terhadap sejarah klub.

"Sebuah 'liga super' yang terdiri dari klub-klub kaya dan menjadi liga yang teruttup tentu melawan dasar-dasar sepakbola, dan Manchester United seharusnya menolak kompetisi ini,"

"Ketika Sir Matt Busby memimpin klub ini memenangkan Piala Eropa di tahun 1950an, itu menjadi awal terbentuknya Manchester United sebagai klub yang modern. Jadi meninggalkan kompetisi itu [UCL] akan menjadi pengkhianatan besar bagi sejarah dan nilai-nilai yang dipegang klub ini,"

2 dari 3 halaman

Desak Mundur

Dalam keterangan resminya, MUST juga mendesak manajemen Manchester United untuk segera menarik diri dari kompetisi baru itu.

"Mengikuti kompetisi ini tanpa berkonsultasi dengan fans dan juga di saat-saat pandemi global seperti ini menunjukkan keegoisan pihak klub dan juga melukai banyak pihak,"

"Kami mendesak semua pihak yang terlibat dalam kompetisi ini termasuk Manchester United untuk segera menarik diri dari rencana ini," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Sanksi Keras

Manchester United sendiri ditunggu sanksi keras jika mengikuti ESL.

Mereka terancam tidak bisa bermain di EPL dan juga para pemain mereka tidak bisa memperkuat tim nasional masing-masing.

(Manchester Evening News)

KOMENTAR