BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ketika Para 'Matador' Ekspansi Premier League

29-07-2019 10:44 | Asad Arifin

Dani Ceballos (c) Arsenal.com Dani Ceballos (c) Arsenal.com

Bola.net - Kepindahan Dani Ceballos dan Jesus Vallejo dari Real Madrid mungkin tak menyita banyak perhatian. Tetapi, jika ditelisik lebih jauh, keduanya meramaikan ekspansi pemain asal Spanyol ke Premier League.

Dani Ceballos pindah ke Arsenal dengan status pemain pinjaman. Dia akan bermain untuk Meriam London hingga akhir musim 2019/2020. Setali tiga uang dengan Jesus Vallejo. Madrid meminjamkannya pada Wolves.

Dikutip dari Marca, gelombang kepindahan pemain Spanyol ke Inggris dimulai oleh Nayim. Dia pindah dari Barcelona untuk membela Tottenham pada tahun 1988 yang lalu. Pemain dengan nama asli Mohamed Ali Amar tampil cukup bagus untuk Spurs.

Setelah Nayim, tidak banyak para 'matador' yang memilih merantau ke Inggris. Namun, sejak tahun 2016 yang lalu, gelombang kepindahan pemain Spanyol ke Inggris tak terbendung. Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Para Matador di Premier League

Meskipun bukan yang pertama, jika menyebut pemain Spanyol yang berkiprah di Inggris, maka ada tiga nama yang dirujuk. David Silva, David de Gea dan Juan Mata. Keduanya cukup lama dan sukses di Inggris.

David Silva pindah dari Valencia ke Manchester City pada tahun 2010 lalu. Satu tahun berselang, Juan Mata dan David de Gea menyusul. Mata ke Chelsea dan De Gea menuju ke Old Trafford.

Bertahun-tahun setelah ketiga pemain di atas, ada nama Rodri yang mencuat. Manchester City membeli sang gelandang dengan harga 70 juta euro. Harga yang sangat mahal untuk pemain dengan posisi gelandang bertahan.

Tercatat, untuk musim 2019/2020, terdapat 28 pemain asal Spanyol yang bermain di Premier League. Jumlah tersebut, untuk kategori pemain asing, membuat Spanyol hanya kalah dari Prancis dengan 30 pemain.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain Spanyol di Premier League

Sepanjang sejarah, dikutip dari Marca, ada 128 pemain Spanyol yang pernah dan sedang bermain di Premier League, atau lebih luas lagi di Inggris. Dan, pada musim 2019/2020, terdapat 28 pemain yang bermain di Inggris.

Selain itu, Spanyol juga 'menjajah' Inggris dengan para juru taktiknya. Ada nama Josep Guardiola, Unai Emery dan Javi Gracia. Dan, berikut adalah daftar 28 pemain Spanyol yang bermain di Inggris pada musim 2019/2020:

  1. Rodri (Manchester City)
  2. Angelino (Manchester City)
  3. Aleix García (Manchester City)
  4. David Silva (Manchester City)
  5. Jesus Vallejo (Wolves)
  6. Rafa Mir (Wolves)
  7. Adama Traore (Wolves)
  8. Jonny Otto (Wolves)
  9. Kepa Arrizabalaga (Chelsea)
  10. Cesar Azpilicueta (Chelsea)
  11. Pedro Rodriguez (Chelsea)
  12. Marcos Alonso (Chelsea)
  13. Hector Bellerin (Arsenal)
  14. Nacho Monreal (Arsenal)
  15. Dani Ceballos (Arsenal)
  16. Pablo Fornals (West Ham)
  17. Roberto Jimenez (West Ham)
  18. Kiko Femenía (Watford)
  19. Gerard Deulofeu (Watford)
  20. David de Gea (Manchester United)
  21. Juan Mata (Manchester United)
  22. Oriol Romeu (Southampton)
  23. Diego Rico (Bournemouth)
  24. Vicente Guaita (Crystal Palace)
  25. Ayoze Perez (Leicester)
  26. Jota (Aston Villa)
  27. Javier Manquillo (Newcastle)
  28. Martin Montoya (Brighton)

KOMENTAR