BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kesulitan Jurgen Klopp di Liverpool: Rotasi Pemain

17-12-2018 10:21 | Asad Arifin

Jurgen Klopp (c) AP Photo Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, sejauh ini cukup senang dengan hasil apik yang diraih oleh timnya sepanjang musim 2018/19. Namun, Klopp juga mengakui jika ada satu hal yang membuat manajer asal Jerman ini kesulitan.

Kesulitan yang dimaksud Klopp yakni merotasi pemain. Sebab, para pemain Liverpool semua berada dalam performa yang bagus. Xherdan Shaqiri adalah salah satu contoh di mana Klopp dibuat kesulitan merotasi pemain.

Shaqiri bermain bagus pada laga melawan Manchester United. Pemain asal Swiss, datang dari bangku cadangan dan kemudian mencetak dua gol. Liverpool pun memetik kemenangan dengan skor 3-1. Sebelum Shaqiri masuk, skor masih imbang 1-1.

Di laga melawan United, Klopp memutuskan untuk memainkan trio Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino di lini serang. Simak penuturan Klopp selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Sulit Merotasi Pemain

Jurgen Klopp menyadari bahwa setiap pemain butuh menit bermain yang cukup agar merasa bahagia. Tapi, dia juga tak menampik jika hal itu adalah keputusan yang sulit. Sebab, ada banyak pemain yang dalam performa apik.

"Saya tidak bisa membuat semua pemain senang, Anda bahagia atau tidak, Anda bisa memahami atau tidak," ucap Klopp dikutip dari Four Four Two.

"Dalam sebuah skuat yang besar, sulit untuk bisa membuat semua pemain senang. Jadi, saya pikir para pemain bisa mengerti. Begitulah yang yang terjadi. Rotasi, atau apa pun itu, akan terjadi pada periode yang padat dan pasti terjadi."

"Anda terus bermain hingga kemudian cedera, atau ketika kami harus memberi waktu untuk istirahat. Saya lebih senang mengganti pemain sebelum cedera," paparnya.

2 dari 3 halaman

Pujian untuk Nathaniel Clyne

Selain Shaqiri, Jurgen Klopp juga memberi contoh pada sosok Nathaniel Clyne. Sejak Tren Alexander-Arnold dan Joe Gomez berada dalam kondisi yang bugar dan mampu bermain bagus, peluang Clyne untuk bermain reguler makin jarang. Tapi, dia selalu siap dimainkan, termasuk saat lawan Manchester United.

"Clyne adalah contoh terbaik. Ketika saya datang ke sini, dia sudah memainkan 100 laga, lalu ada Trent muncul dan Joe mulai fit. Kondisi pun berubah. Anda bisa berlatih di level tertinggi, tapi Anda harus menunggu kesempatan bermain," tutup Klopp.

3 dari 3 halaman

Berita Video

Berita video momen gol pemain veteran Nguyen Anh Duc yang mengantarkan Vietnam menjadi juara Piala AFF 2018.

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR