Kepergian Mane Diklaim Merupakan Kehilangan Besar Bagi Liverpool, Kenapa Begitu?

Dimas Ardi Prasetya | 29 Juni 2022, 03:55
Aksi Sadio Mane di semifinal Piala FA/FA Cup antara Manchester City vs Liverpool di Stadion Wembley, Sabtu (16/04/2022) malam WIB. (c) AP Photo
Aksi Sadio Mane di semifinal Piala FA/FA Cup antara Manchester City vs Liverpool di Stadion Wembley, Sabtu (16/04/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Eks gelandang Arsenal Paul Merson mengklaim kepergian Sadio Mane merupakan kehilangan besar bagi Liverpool dan Darwin Nunez harus beradaptasi secepatnya jika ingin bisa menggantikan pemain Senegal tersebut.

Mane sudah menjadi andalan Liverpool sejak tahun 2016 silam. Ia menjadi mesin gol The Reds setelah diangkut dari Southampton.

Mane juga menjadi bagian dari trio mematikan Liverpool. Ia pun sempat jadi top skor di Premier League.

Mane kemudian membawa The Reds meraih sejumlah gelar juara. Di antaranya gelar Liga Champions dan Premier League.

1 dari 4 halaman

Kehilangan Besar

Tapi mulai musim panas 2022 ini, Sadio Mane tak lagi memperkuat Liverpool. Ia sudah pindah ke Bayern Munchen.

Transfer ini kemudian dikomentari oleh Paul Merson. Ia mengatakan hengkangnya Mane merupakan kehilangan besar bagi Liverpool.

“Sebuah kehilangan yang sangat, sangat besar. Saya khawatir, saya tidak khawatir untuk Liverpool karena mereka memiliki manajer yang luar biasa, tetapi orang-orang lupa bahwa Mane adalah pemain besar," kata Merson kepada Sky Sports.

"Pemain besar yang mencetak gol besar dalam pertandingan sepak bola," tegas Merson.

“Ia tidak mencetak gol yang ketiga, keempat dan kelima dalam kemenangan 5-0, ia akan mencetak gol kemenangan, gol yang memimpin atau menyamakan kedudukan," serunya.

2 dari 4 halaman

Pesan untuk Nunez

Sebelum Sadio Mane cabut ke Bayern Munchen, Liverpool sudah mendatangkan penyerang baru. Ia adalah Darwin Nunez, yang dibeli dari Benfica.

Paul Merson kemudian memberikan pesan penting pada Nunez. Ia mengatakan pemain Uruguay tersebut harus bisa beradaptasi dengan cepat jika ingin bisa menjadi pengganti yang tepat bagi Mane.

“Mereka adalah gol-gol yang saya cari. Saya tidak mencari 'oh ia mendapat hat-trick tetapi ia mendapat empat, lima dan enam [gol] dalam kemenangan 7-1'," tuturnya.

"Bagi saya itu bukan gol penting. Ia mencetak gol yang sangat penting dan Nunez harus beradaptasi dengan cepat seperti [Luis] Diaz dan itu tidak sering terjadi di Premier League," ujar Merson.

3 dari 4 halaman

Liverpool Bakal Tetap Kuat

Eks pemain sayap Liverpool Stewart Downing sebelumnya sempat berkomentar soal kepergian Sadio Mane ke Bayern Munchen. Ia yakin Liverpool akan tetapi kuat meski tak lagi diperkuat Mane.

“Kehilangan pemain besar selalu mengecewakan tetapi selama bertahun-tahun Liverpool telah melakukan itu dan mereka semakin kuat sejak saat itu,” kata Downing pada inews.co.uk.

“Rekrutmen Klopp sangat luar biasa. Orang-orang mengatakan bahwa mereka membayar banyak uang untuk Mo Salah pada saat itu, tetapi melihat sekarang itu adalah hal yang kecil," cetusnya.

"Mane juga sama, Diogo Jota telah datang dan melakukan pekerjaan yang luar biasa. Jadi Anda tidak bisa benar-benar mempertanyakannya," serunya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR